Kadis Kominfo Bener Meriah: Aplikasi e-Kinerja Berbasis Web Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kerja Para ASN -->

Iklan Semua Halaman

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia Jika ada yang mendapat intimitasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke center 0823-7323-2423, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

Kadis Kominfo Bener Meriah: Aplikasi e-Kinerja Berbasis Web Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kerja Para ASN

3/18/2022

 


Globalnewsindonesia.com,- Bener Meriah - Dari sekian banyak tujuan diciptakannya aplikasi e-Kinerja, salah satu diataranya adalah untuk meningkatkan motivasi dan kerja para Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya dalam wilayah perintahan Kabupaten Bener Meriah, disamping untuk mencatat atau merekam pekerjaan harian para ASN sesuai dengan jabatan dan beban kerja yang telah ditentukan berdasarkan peraturan yang berlaku”.


Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bener Meriah Ilham Abdi, S.STP, M.A.P. terkait dilaksanakannya TOT (Training Of Trainer) aplikasi e-Kinerja dan e-Sakip diaula BKPP Komplek Perkantoran Pemkab – Serule Kayu Redelong, Kamis, 18/3/2022.

 


Lebih lanjut disampaikan oleh Ilham Abdi, S.STP, M.A.P, seperti kita ketahui disamping hal diatas, tujuan pemerintah daerah Kabupaten Bener Meriah menciptakan aplikasi e-Kinerja berbasis Website ini adalah untuk menganalisis kebutuhan jabatan, beban kerja jabatan dan beban kerja unit/satuan kerja organisasi sebagai dasar perhitungan prestasi kerja dan pemberian insentif kerja dengan mempedomani Permendagri No. 4/2005 tentang Analisis Jabatan dan Permendagri No.12/2008 tentang ABK, "jelas Kadis Kominfo Kabupaten Bener Meriah.

 

Ilham Abdi, S.STP, M.A.P lebih jauh mengungkapkan, kalau e-Kinerja ini dapat diterapkan dengan baik dan benar, ada beberapa manfaat yang akan diperoleh oleh pemerintah daerah dan juga oleh ASN itu sendiri maupun OPD. Sebab pemantauan kerja para ASN melalui e-Kinerja otomatis secara tidak langsung akan berdampak baik bagi masyarakat atau publik khususnya dari segi pelayanan.


Semakin meningkatnya kualitas kerja para ASN dan semakin efektif dan efisien yang bermuara kepada  output yang semakin bagus, ditambah lagi dengan e-Kinerja pengawasan terhadap semua kinerja dan aktivitas oleh ASN akan semakin mudah, dan yang terpenting dengan e-kinerja ini adalah landasan untuk menentukan besaran gaji, kenaikan pangkat  bagi ASN serta manfaat dan kemudahan lainnya, beber Ilham Abdi, S.STP, M.A.P.


“Jadi dengan sistem e-Kinerja berbasis web ini, dapat kita simpulkan, bahwa aplikasi e-Kinerja ini diterapkan, para ASN akan dapat diketahui jumlah kehadirannya, pembayaran tunjangan kinerja, laporan kinerja, Sasaran Kinerja Pegawai (SKP), dan penilaian prestasi kerja ASN dimana dia bertugas, ini dengan mudah dan cepat yang terangkum dalam satu aplikasi ini,” ujarnya.

 

Terakhir disampaikan oleh Kadis Kominfo Kabupaten Bener Meriah itu, sekali lagi dengan diterapkannya aplikasi e-Kinerja berbasis website ini akan sangat mempermudah pimpinan dalam mengontrol dan mengawasi semua kinerja para staf atau bawahannya, dengan cara demikian tentu akan berdampak positif bagi ASN dalam memperbaiki kinerja serta  kedisiplinan, untuk kemajuan Bener Meriah kearah yang lebih baik, terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," pungkas Ilham Abdi, S.STP, M.A.P.

 

Sekedar informasi, pemerintah daerah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bener Meriah mengadakan kegiatan TOT Aplikasi e-Kinerja dan e-Sakip adalah dalam rangka meningkatkan kemampuan SDM dalam pengelolaan aplikasi tersebut pada tanggal 15 Maret 2022 yang lalu di Aula BKKP Kabupaten Bener Meriah.

 

Kegiatan TOT tersebut diikuti oleh Kepala BKPP Kamaruddin, S.AP, Kadis Kominfo Ilham Abdi, S.STP, M.A.P dan 2 (dua) orang perwakilan dari  masing-masing Inspektorat, Bappeda, BPKA, Dsikominfo dan BKPP  tampil sebagai narasumber adalah Tim Ahli Pengembangan Aplikasi e-Kinerja dan e-Sakip Diskominfo Kabupaten Bener Meriah. (Yh)