DANRAMIL ELAR BERSAMA ANGGOTA MELAKSANAKAN KARYA BHAKTI BERSIHKAN JALAN DI KECAMATAN CONGKAR -->
Global News Indonesia Menerima Tulisan dan Artikel, Kegiatan Komunitas, Sosial, Opini, Informasi Donasi Rumah Ibadah dan Panti Asuhan, dll | Global News Indonesia juga membuka Kesempatan untuk Biro & Jurnalis Muda diseluruh Indonesia,

DANRAMIL ELAR BERSAMA ANGGOTA MELAKSANAKAN KARYA BHAKTI BERSIHKAN JALAN DI KECAMATAN CONGKAR

3/08/2021, 3/08/2021

 


GlobalNewsIndonesia.Com- Borong Ntt, Ditengah pandemi Covid-19, tak mengurangi semangat Babinsa untuk tetap melakukan kegiatan karya bakti bersama rakyatnya. Itulah yang dilakukan Babinsa Koramil 1612-05/Elar yang dipimpin oleh Plh. Danramil 1612-05/Elar Pelda M. Ramadhan B.


Selain memonitoring pencegahan penyebaran covid-19 di wilayah binaannya, para Babinsa yang berjumlah 2 orang serta 5 orang personel Prabinsa juga membantu pelaksanaan karya bakti membersikan jalan di Watunggong,  Desa Satar Nawang, Kecamatan Congkar, Kabupaten Manggarai Timur, Senin (08/3/2021).


Perlu diketahui bahwa Kecamatan Congkar merupakan Kecamatan baru di Kabupaten Manggarai Timur pemekaran dari Kecamatan Sambi Rampas. Secara administratif, Kecamatan Congkar sudah berjalan kurang lebih selama enam bulan, terhitung tanggal 10 September 2020 sejak diterbitnya surat dari Kementerian dalam Negeri.


Sementara untuk Kode data wilayah telah diterbitkan tanggal 07 Januari 2021. Setelah itu, dilanjutkan dengan penetapan Peraturan Daerah (Perda) oleh Bupati Manggarai Timur tanggal 18 Januari 2021, kemudian pelantikan Camat pada tanggal 21 Januari 2021 lalu.


Kerja bakti pembersihan jalan sendiri dipimpin langsung oleh Camat Congkar Ismail Jahada dan diikuti oleh sekitar 30 orang warg Desa Satar Nawang.


Ismail Jahada mengatakan kegotong royongan inilah yang menjadi salah satu ciri khas bangsa Indonesia yang harus 

terus dilestarikan dan kehadiran anggota TNI, menginiasi berbagai kegiatan yang dilakukan di desa.


“Kehadiran kita diharapkan dapat menumbuhkan kembali semangat gotong royong warga yang selama ini hampir pudar ditengah majunya jaman. Walaupun saat ini kita menghadapi wabah Covid-19, namun budaya ini tidak boleh hilang dan harus terus kita dilestarikan,” terangnya.


“Upaya-upaya pembersihan jalan masuk keluar desa ini sangat diperlukan guna menjadikan jalan desa bersih dan nyaman di pandang mata. Kami juga menekankan untuk menjaga kebersihan karena dengan lingkungan yang bersih akan mencipatakan suasana kehidupan sosial yang sehat,” lanjutnya. 


Camat juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Koramil 1612-05/Elar, serta Babinsa atas kehadirannya pada kegiatan bhakti ini.


Babinsa Koramil 1612-05/Elar Sertu Yohanes Sudir mengatakan kegiatan pembersihan jalan ini merupakan langkah awal untuk menuju desa yang bersih dan merupakan kegiatan edukasi serta stimulan bagi warga agar membiasakan hidup bersih dan sehat.


Sementara itu Plh. Danramil 1612-05/Elar Pelda M. Ramadhan mengatakan kegiatan bhakti ini merupakan momen yang tepat dilaksanakan di Desa Satar Nawang, dimana Kecamatan Congkar  Baru di resmikan melalui Perda Bupati Matim, sehingga kegiatan ini juga sebagai ajang sialturahmi bagi aparat pemerintah Kecamatan dan masyarakat, melaui kegiatan ini diharapkan masyarakat memiliki jiwa semangat untuk membangun kecamatan baru ini. Congkar yang baru ini harus bisa menjadi barometer bagi kecamatan lain sebagai yang terbaik“, harap Danramil.


Tentunya TNI dalam hal ini Koramil 05/Elar bersama Polri akan terus bersinergi untuk membantu pemerintah Kecamatan, serta masyarakat melalui berbagai macam bentuk kegiatan, imbuhnya.


Danramil juga dalam kesempatan tersebut menghimbau agar seluruh masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.


“Kecamatan Congkar harus menjadi kecamatan yang  ASRI, budaya masyarakat agar tidak membuang sampah disembarang tempat, semoga Kecamatan Congkar tampil sebagai yang terdepan dan menjadi panutan bagi kecamatan lain di Manggarai Timur, harapnya. (wens)

TerPopuler