Keindahan Senja Dipantai Ujung Karang -->
GNI Menyediakan Portal Gratis untuk sekolah yang ingin transpormasi Pembelajaran Digital (daring), kunjungi www.ayobelajar.gni.or.id untuk Mendaftar, atau Phone : 082380832450 , E-mail : gni@gni.or.id

Keindahan Senja Dipantai Ujung Karang

7/01/2021, 7/01/2021


Pantai ujung karang merupakan salah satu lokasi wisata Aceh Barat yang menyuguhkan keindahan alam begitu menawan. 


Sesuai dengan namanya, pantai yang berada duyung pesisir sumatra itu terdapat banyak terumbu karang hingga wisata tersebut dinamakan pantai ujung karang. 


Pantai tersebut terletak di Gampong suak indra puri, kecamatan johan pahlawan. Pantai ini tidak jauh dari kota meulaboh, sehingga sangat mudah untuk di kunjungi karena jaraknya hanya 2 kilometer.


Saya dan keluarga kecil pada hari libur minggu kemarin berkesempatan mengunjungi pantai ini, jalan dipantai ini baru sebagian kecil yang diaspal, lebarnya masih bisa dapat dilintasi atau dilalui semua kendaraan.


Memasuki pantai ini aroma khas tampak begitu terasa. Tidak hanya memiliki rantai yang indah, namun berbagai kuliner pun berjejeran dipelabuhan ujung karang, dan jangan lupa sampai mencoba lompong sagu buatan Jasmidar wanita separuh baya itu.


 Lompong? itu nama yang sangat unik bagi saya, itu nama yang sering diucapkan oleh masyarakat meulaboh.umumnya makanan itu terbuat dari sagu, pisang, gula, sedikit garam dan dibakar menggunakan daun pisang tua diatas bara yang tidak berapi besar. Rasanya sangat lezat dan enak.


Wahyu kurniawan salah satu pengunjung mengatakan,suguhan kopi dan sepotong makanan tradisional dipantai ini merilekskan kondisi lelah karena sebagian bekerja. "tempat ini menjadi pilihan ketika saya usai kerja" paparnya.


 Pantai ini juga tidak luput dari sejarah masa lampau dimana pantai ini dulunya dijadikan sebagai sebuah tempat pertahanan, Oleh para penjajah jepang. Sekitar pantai ini terdapat makam massal korban Tsunami yang tidak jauh dari tepi pantai ujung karang.


Traveller yang berkunjung kepantai ujung karang ini bisa menikmati pondok-pondok yang beratapkan rumbia, serta warung yang menjalankan berbagai macam makanan yang berdiri disepanjang pantai. Salah seorang pemilik warung mini yang menjual beberapa menu melayani kami dengan baik.kami memanggilnya "abang" dia baru berjualan lebih kurang satu tahun. Ketika saya tanya apakah banyak pengunjung yang datang kesini, sambil tersenyum dia jawab banyak.


Penduduk yang ramah memberi kesan tersendiri bagi kami masyarakat dari luar pantai ujung karang sudah banyak yang mengetahui keberadaan pantai ujung karang. Pada saat masuk kepantai ini kami lihat ramainya orang-orang yang sedang melihat keindahan pantai ujung karang.


 Rasa haru menyelimuti hati saya, senang melihat orang ramai disana, pemandangan yang hampir tak pernah kita temukan selama pandemi covid-19.


Sepanjang bibir pantai ujung karang banyak terdapat batu-batu karang ada disepanjang pantai. Traveller juga harus sedikit hati-hati jika bermain pasir, banyak karang-karang tajam dibalik pasir tersebut yang bisa melukai apalagi saat air laut pasang.


Ada juga anak yang sedang bermain pasir dan mandi, sementara orang tuanya memanfaatkan waktu untuk terapi pasir pantai dengan menanam sebagian tubuhnya didalam pasir. Konon kata orang tua, terapi seperti ini dapat menyembuhkan beberapa penyakit,diantaranya rematik, nyeri tulang, dan stroke. selain itu, pantai ujung karang juga menawarkan keindahan sunset disore hari, sangat cocok bagi pecinta senja sambil menyeguh segelas kopi dipantai ini.


Suasana sore dipantai ini sangatlah indah, pemandangan matahari terbenam (sunset) dapat kami nikmati dengan leluasa, melihat matahari terbenam dengan warna keemasan, ini tidak akan anda jumpai dipesisir timur sumatera, menurut pemilik warung yang ada disini, pantai ujung karang lebih indah sebelum pasca Tsunami melanda Aceh, "Garis pantai tidak sejauh seperti sekarang ini, ini masih terlihat puing-puing sisa keganasan Tsunami".


Disini juga adanya sebuah bangunan tua tapi kita tidak tau ini bangunan apa,bangunan ini sudah ada sejak sebelum Tsunami.


Dan kami juga tak lupa untuk mendokumentasikan momen bahagia bersama keluarga dipantai ujung karang ini. Berlibur, tidak selalu harus mengeluarkan dana besar. Berlibur kepantai ujung karang justru lebih irit.


Bagi traveller yang mempunyai hobi nya memancing, pantai ini juga sangat cocok untuk memancing ikan, biasanya beberapa penduduk sekitar pantai memanfaatkan waktu di sore hari untuk mencari ikan dengan memancing.


Menikmati indahnya suasana pantai ujung karang ini kita juga dapat memberikan penjelasan kepada anak-anak, terutama balita tentang benarkah bumi ini bulat. Kita dapat mengajak mereka untuk duduk ditepi pantai sambil memandang kedepan pantai yang seakan-akan berdinding langit dan berbentuk setengah lingkaran. 


Alangkah besar kuasa ilahi. Maka, nikmat manakah dari tuhanmu yang engkau dustakan, sebagaimana ternukil dalam quran surah Ar-rahman.


Ingat, menjaga kelestarian alam dan kebersihan Lingkungan bukan hanya tugas pemilik warung di lokasi wisata, melainkan seluruh pengunjung punya adil dan tanggung jawab yang sama. 


Fasilitas umum harus pula tersedia, tempat untuk membuang sampah pun harus memadai, sehingga lingkungan pantai tempat kita berwisata tetap bersih dan asri.


Mari kita kunjungi tempat-tempat wisata diderah kita, sehingga kita dapat mempromosikannya kepada wisatawan lokal ataupun yang dari luar. 


Penulis:

OSSY AGUSTIN

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik Universitas Teuku Umar

TerPopuler