Lomba Bertutur Tingkat Kabupaten Manggarai Timur -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Lomba Bertutur Tingkat Kabupaten Manggarai Timur

5/06/2021

 


GlobalNewsIndonesia.Com,- BORONG NTT, Bertempat di Aula Setda Kab. Manggarai Timur di Lehong, Rabu (5/5/21) dilaksanakan Grand Final Lomba Bertutur untuk Siswa Siswi SD/MI Tingkat Kabupaten Manggarai Timur Tahun 2021.


Kegiatan lomba ini dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Manggarai Timur dan didukung oleh Derana.id “Menulis untuk Indonesia”, sebagai bagian dari program dan kegiatan untuk menumbuhkan minat baca pada generasi muda dan mempersiapkan anak-anak Manggarai Timur untuk masa depan yang gemilang.


Babak penyisihan Lomba Bertutur ini telah dilaksanakan pada tanggal 29 April 2021 dengan jumlah peserta 20 orang yang merupakan siswa SD/MI. Peserta yang kemudian berhasil menuju ke babak final sebanyak 8 orang.


Babak Final melombakan dua kategori yaitu, kategori Kelas Senior dan Kelas Junior. Kategori Kelas Senior adalah peserta yang duduk di kelas V dan/atau pada bulan Juli 2021 akan duduk di kelas VI SD/MI, sedangkan kelas Junior adalah peserta yang duduk di kelas IV dan/atau pada bulan Juli 2021 akan duduk di kelas V SD/MI.




Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Manggarai Timur, Tino Nanga, mengatakan bahwa lomba bertutur yang diselenggarakan ditingkat kabupaten merupakan penjaringan untuk kegiatan lomba tingkat Propinsi yang akan dilaksanakan di Kupang.


Lomba bertutur ini selain menjaring peserta untuk berlomba di tingkat propinsi juga sebagai bagian dari peran dan bentuk tanggung jawab Pemda dalam meningkatkan minat membaca pada anak-anak sejak usia dini. Kebiasaan membaca akan membawa anak-anak pada kemampuan bercerita atau bertutur dan ini akan menjadi modal untuk masa depan mereka.


Dalam sambutannya Bupati Manggarai Timur mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ini dan berharap bahwa pada tahun mendatang akan melibatkan lebih banyak peserta dari seluruh Kab. Manggarai Timur.


Kegiatan ini juga sejalan dan saling mendukung dengan pencanangan Kabupaten Manggarai Timur sebagai Kabupaten Literasi yang telah dilaksanakan bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional tahun 2021. 


“Semua anak yang sudah ikut dalam lomba ini adalah pemenang. Ketika sudah berani tampil dan bercerita diatas panggung maka sebenarnya kalian sudah jadi pemenang. Kalian adalah pilihan terbaik dari peserta lain yang semuanya juga baik dan bagus. Untuk yang belum berhasil sampai di babak final, terus belajar, semangat membaca dan jangan menyerah. Masih banyak panggung yang tersedia buat kalian.”


Pemenang Lomba Bertutur Tingkat Kabupaten Manggarai Timur Kategori Junior dan mewakili  Matim untuk tingkat Propinsi adalah siswi dari SDI Cepi Watu atas nama Teresa Della Consetta Pelang.


Para pemenang berhak atas dua kategori yang dilombakan berhak mendapatkan piala, piagam penghargaan dan sejumlah uang ditambah dengan bingkisan dari Derana.id. 


Pemenang pertama untuk dua kategori ini juga berhak untuk mendapatkan sebuah telpon genggam dari Bupati Manggarai Timur. Salam Literasi dari Manggarai Timur, Anak Manggarai Timur Suka Membaca. (Wens)