Dinilai Begitu Krusial: Aktivis Lebak Selatan Sebut Pemerintah Jangan Kaku Ambil Sikap Soal Geopark Bayah Dome -->
Jika Ditemukan Anggota GNI yang melakukan Intimidasi, pemerasan dan perbuatan tidak menyenangkan lainnya, segera laporkan ke Center Kami 0823 7323 2423,

Dinilai Begitu Krusial: Aktivis Lebak Selatan Sebut Pemerintah Jangan Kaku Ambil Sikap Soal Geopark Bayah Dome

5/02/2021, 5/02/2021


Globalnewsindonesia.com,- Lebak - Persoalan Geopark Dome Bayah menjadi salah satu isu yang saat ini sedang ramai diperbincangkan, dimana geopark ini akan menjadi salah satu bentuk keberhasilan atas visi dan misi Bupati Kabupaten Lebak pada periode tahun ini. Minggu 02 Mei 2021.


Konsep geopark ini mengacu pada Perpres no 9 tahun 2019 tentang pengembangan taman bumi (geopark), dalam Perpres ini mengamanatkan bahwa harus mampu merawat dan menjaga warisan-warisan dunia, baik itu warisan geologi, budaya, dan lain sebagainya yang dibungkus dengan konsep geowisata. 


Dimana konsep yang di gagas oleh UNESCO dan menjadi program Internasional ini menjadi salah satu bentuk tindakan konkrit dan upaya dalam menjaga dan merawat lingkungan dari gangguan yang sifatnya menghancurkan lingkungan.


Ahmad Hidayatullah Selaku Aktivis Mahasiswa Lebak Selatan yang merupakan Sekertaris Jendral (SEKJEN) Ikatan Mahasiswa Cilangkahan (IMC) mengungkapkan bahwa rencana Pemda Lebak tentang konsep Geopark Dome Bayah sudah sangatlah bagus dimana ia menilai bahwa apabila ini terjadi, maka ini akan menjadi salah satu bagian dari bukti keberhasilan visi misi Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya yakni Wisata Unggulan Nasional Berbasis Potensi Lokal.


"Sudah sangat bagus saya rasa atas rencana adanya Geopark ini, dimana kalo saya melihat ke visi misi Bupati tentang Wisata Lokal Berbasis Nasionalnya itu, nah ini akan menjadi penentu saya kira, sukses atau tidaknya Bupati Lebak dalam jabatannya yang ke dua periode ini" ujar Ahmad saat diwawancarai oleh wartawan.


Ia juga menjabarkan bahwa Pemda harus bisa bersikap tegas dalam mengambil kebijakan dimana ia mengira bahwa konsep Geopark Dome Bayah ini akan berantakan apabila tidak ada tindak ketegasan dari pihak Pemda Lebak.


"Saya harap Pemda Lebak jangan lah kaku dalam menentukan kebijakan, dimana jelas bahwa dalam hal ini bentuk sukses atau tidaknya atas visi misi bupati bisa kita dilihat dari bagaimana caranya Pemda Lebak dalam mengambil kebijkan tentang geopark ini, karena saya rasa ini harus diperjuangkan jangan sampai berantakan apalagi sampai kontradiktif dengan apa yang diamanahkan dalam Perpres no 9 tahun 2019" lanjutnya


Ia juga menyampaikan bahwa berapa banyak  warisan - warisan dunia yang akan hilang apabila tidak adanya ketegasan dari pada pemerintah, dimana ia meyakini bahwa setiap wilayah di kabupaten Lebak memiliki kekhasannya masing - masing, dimulai dari khas akan budayanya, lingkungannya, seninya, dan lain sebagainya.


Dalam hal ini, ia berfikir bahwa segala aspek itu harus dipertahankan dan harus diperjuangkan, jangan sampai warisan - warisan yang telah diamanatkan dari generasi ke generasi itu hilang akibat tidak adanya bentuk ketegasan dari pada pihak pemerintah.


Dalam penilaianya, bahwa apa yang disampaikan oleh Hj. Virgojanti selaku Sekda Kabupaten Lebak dalam salah satu berita yang ia baca yang ia garis bawahi yakni pada kalimat "Konsep Geopark ini, bukan anti tambang namun hanya meminta sebagian kecil luasannya untuk dijaga melalui upaya konservasi dan dilakukan pemanfaatan". 


Hal ini menurutnya merupakan hal yang sangat keliru juga sangat kontradiktif dengan apa yang diamanahkan, dimana apa yang di amahkan baik Perpes ataupun UNESCO adalah bagaimana caranya untuk menjaga kelestarian lingkungan, kelestarian budaya, kelestarian warisan - warisan dunia. Dimana ia meyakini bahwa hal ini tentu akan sangat berpengaruh besar atas kesuksesan dalam mewujudkan cita - cita konsep Geopark ini.


Kembali ia sampaikan bahwa, ia sangat berharap agar pemerintah berani untuk bersikap tegas dalam menentukan dan mengambil kebijakan, ia juga sangat berharap bahwa pemerintah jangan sampai kaku untuk mewujudkan Geopark Dome Bayah ini. (AG)

TerPopuler