Vaksinansi Covid-19 di Purwakarta di Push Melebihi Angka 60 Persen -->
Jika Ditemukan Anggota GNI yang melakukan Intimidasi, pemerasan dan perbuatan tidak menyenangkan lainnya, segera laporkan ke Center Kami 0823 7323 2423,

Vaksinansi Covid-19 di Purwakarta di Push Melebihi Angka 60 Persen

2/10/2021, 2/10/2021

 


 

Globalnewsindonesia.com,- Purwakarta,- Vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Kabupaten Purwakarta, sudah dilaksanakan sejak Kamis (4/2/2021) lalu. Untuk jumlah vaksin yang diterima Kabupaten Purwakarta pada tahap awal ini sebanyak 3.920 vial.


Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menuturkan, dari jumlah vaksin Covid-19 yang diterima Purwakarta, sebanyak 3.500 vaksin di antaranya diperuntukan bagi tenaga kesehatan. Sedangkan, sisanya untuk jajaran Forkopimda juga tokoh masyarakat.


"Proses vaksinasi dilakukan secara bertahap. Tenaga kesehatan (nakes) di sejumlah rumah sakit di kita juga mulai mendapatkan vaksinasi Covid-19," ujar Anne saat mengunjungi Rumah Sakit Abdul Radjak Purwakarta guna memastikan proses vaksinasi nakes, Rabu (10/2/2021).




Dari data yang diterima jajarannya, hingga hari ini program vaksinasi tahap pertama baru mencapai kurang lebih 60 persen. Dari hasil rapat koordinasi di Dinas kesehatan, yang masih cakupannya sangat rendah itu ada empat rumah sakit. Yakni, Rumah Sakit Siloam, Rumah Sakit Abdul Radjak Purwakarta, Rumah Sakit Rama Hadi dan Rumah Sakit Bakti Husada.


"Hari ini saya mengunjungi ke empat rumah sakit yang cakupan vaksinasi masih rendah, guna mendorong dan evaluasi serta berkomitmen untuk meningkatkan capaian sampai besok di atas 70 persen," ujar Ambu Anne.


Sampai saat ini, lanjut dia, jumlah tenaga kesehatan di Kabupaten Purwakarta sebanyak 3.500, namun yang baru di vaksinasi hanya 54 persen saja. Dia berharap, besok angkanya bisa naik di atas 70 persen. "Nakes dijadikan sasaran awal karena sebagai garda terdepan penanganan Covid-19. Nakes harus mendapatkan prioritas sasaran vaksinasi Covid-19," tuturnya.


Sementara, Kepala Bidang Pelayanan Medis Rumah Sakit Abdul Radjak Purwakarta, dr M Andri Muttaqin, mengatakan jumlah nakes di rumah sakit ini sebanyak 360 orang. Namun, yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 baru sebagian. "Setiap harinya hanya 120 orang saja, karena bergilir supaya pelayanan kepada pasien lainnya tetap berjalan maksimal," ujar Andri.


Dia menjelaskan, Rumah Sakit Abdul Radjak Purwakarta sudah membuat skema target pelaksanaan vaksinasi Covid-19 selam tiga hari. Dengan rincian, perharinya dilakukan dua sesi. Dalam satu sesinya 60 Nakes. "Maka selama tiga hari bisa 360 Nakes bisa di vaksin. Hanya kemarin itu ada beberapa nakes di sini berhalangan hadir. Insyaallah untuk hari ini bisa selesai 70 persen, jadi tiga hari beres semuanya," kata dia.


Pihak RS Abdul Radjak Purwakarta memastikan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan pada tahap pertama bisa rampung diselesaikan sebelum pelaksanaan vaksinasi tahap kedua. Pihaknya pun menjamin, vaksin Covid ini aman. "Uji klinis BPOM sudah, MUI sudah mengeluarkan sertifikasi halal. Jadi, masyarakat jangan ragu untuk divaksin," demikian Andri. (Mjn)


TerPopuler