Pemuda Wajib Berperan Penting Membangun Pengembangan Pertanian -->
Global News Indonesia Menerima Tulisan dan Artikel, Kegiatan Komunitas, Sosial, Opini, Informasi Donasi Rumah Ibadah dan Panti Asuhan, dll | Global News Indonesia juga membuka Kesempatan untuk Biro & Jurnalis Muda diseluruh Indonesia,

Pemuda Wajib Berperan Penting Membangun Pengembangan Pertanian

12/24/2020, 12/24/2020


Muslimin Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar (UNISMUH)


GlobalNewsindonesia.com-Bantaeng, -Banyak orang yang beranggapan bahwa pertanian identik dengan pekerjaan orang tua yang selalu aktif kotor-kotoran dengan tanah/lumpur, menanam dan memanem secara manual serta penghasilannya terbilang sedikit.


Dari tentang profil petani yang ada di indonesia, petani sering kali tak berdaya dan sering di berdayakan dengan beberapa program melalui dari sistem instansi pemerintahan dan swasta.


Lebih ganasnya muncul lagi permasalahan pengaruh iklim terkait kekeringan,  cuaca yang tidak menentu, ketersedian bibit dan pupuk mulai langkah serta berbagai serangan hama penyakit lainnya yang berimbas pada gagal panen. 


Segala bentuk permasalahan yang di alami petani dalam usaha taninya dan bidang pertaniaan dalam konteks pembangunannya, setidaknya dapat di carikan jalan keluar/solusinya. untuk penyelesaian permasalahan ini peran pemuda sebagai agent of change : Perubahan dan pemuda adalah pondasi bangsa. 


Berbicara tentang pemuda tidak terlepas dari nama mahasiswa, Mahasiswa mempunyai peranan yang sangat besar dalam mengembankan dunia pertanian, Sebab antara teori dan praktek-praktek yang di pelajarinya haruslah berjalan bergandengan.


Muslimin Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar (UNISMUH), berharap Salah satu peran mahasiswa pertanian dalam revitalisasi pertanian adalah melakukan riset untuk menhasilkan rekayasa teknologi maupun kelembagaan yang dapat mendukung pembangunan pertanian dan memberdayakan petani serta mengembankan ekonomi pertanian. 


Sebagai contoh, Mahasiswa bisa mengenalkan internet kepada petani untuk mencari berbagai macam informasi (Metode pembibitan, Metode perawatan tanaman, Metode pembuatan pupuk organik/kompos dan lain sebagainya khsususnya di bidang pertanian. 


Kegiatan ini bisa di jadikan salah satu wahana bagi para pemuda untuk memberikan ide-idenya, kerja-kerja kreatifnya (kontribusinya) dibidang pertanian untuk mengembankan sektor pertanian, khususnya pada para petani tradisional yang turun temurun mempercayai metode pendahulu.


Kini, pertanian bukanlah hal yang bisa dipandang remeh, karena pertanian merupakan satu-satunya penjamin menjaga ketersediaan pangan diindonesia, tentunya negara ini masih mempunyai harapan untuk melihat peningkatan kesejahteraan petani indonesia.

TerPopuler