Temui Pengunjuk Rasa Bupati Lahat Disambut Gembira Ribuan Buruh -->

Temui Pengunjuk Rasa Bupati Lahat Disambut Gembira Ribuan Buruh

10/08/2020, 10/08/2020


Globalnewsindonesia.com ; Lahat Sumsel  - Ratusan para pendemo yang tergagunga dalam organisasi Serikat buruh perusahaan Tambang, Perkebunan dan Jasa Kamis (8/10) mendatangi kantor DPRD kabupaten lahat guna menyampaikan tuntutan agar pengesahan UU Omnibus Law yang disah kan DPR RI beberapa hari terakhir dibatal kan. Dalam aksi damai yang dilakukan para buruh menyempat kan melakukan aksi penggalangan dana yang rencananya akan diberikan kepada korban kebakaran minggu (5/10) lalu.


Pantauan wartawan dilapangan, dalam aksi tersebut para pengunjuk rasa dibawah pengawalan Polres dan TNI Kodim 0405 Lahat sempat menuai kontra khususnya saat ada segerombolan pelajar dari salah satu SMK Negeri diLahat masuk dalam kerumunan masa. Beruntung berkat kesigapan petugas dipalangan akhirnya hal yang tidak diinginkan terjadi sampai bupati Lahat Cik Ujang,SH menemui dan menerima langsung para pendemo di Oproom karena tidak ada satu pun perwakilan dari anggota DPRD dan Sekretariat yang bisa dijumpai.


Koordinator Aksi Erwin mengatakan, kedatangan kami bertujuan agar tuntutan pembatalan pengesahaan UU Omnibus Law disampaikan ke pemerintah dan DPR RI karena selain dinilai tidak memihak masyarakat UU tersebut juga tidak memiliki rasa keadilan karena banyak aturan Diskriminatif yang diterima oleh para buruh.


“Jika hal ini dibiarkan maka buruh sama saja seperti Budak zaman dulu, tenaga nya diperas hak nya terampas. Hari ini kami bersatu dari seluruh pelosok tanah air melakukan Estafet agar tuntutan kami disampai kan dan didengar oleh para wakil rakyat,”ujarnya.


Sementar itu, bupati Lahat Cik Ujang,SH menuturkan, sangat apresiasi atas perjuangan kaum Buruh dan kiranya aksi yang dilakukan tidak merugikan diri sendiri. Terkait pernyataan sikap yang diingin kan para buruh saat ini telah menginstruksikan Sekda Lahat dan Kabag hukum agar merumus kan apakah menyalahi aturan atau tidak.


“Kita kawan-kawan buruh dapat menahan diri dan tidak terbawa emosi karena Pemkab Lahat akan terus berusaha memberikan yang terbaik. Sekda dan bagian hukum telah diinstruksikan agar menerima dan memperlajari pernyataan sikap menerima tuntutan buruh untuk disampaikan kepemerintah dan DPR RI,”imbuhnya.


Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti,Sik mengungkapkan, pihaknya akan mengawal tuntutan para buruh dan mudh – mudahan aksi yang dilakukan dapat berjalan dengan tertib serta pendemo tidak melukan hal-hal yang melanggar hukum. “Polisi akan siap mengawal dan memberikan keamanan bagi pengunjuk rasa dari kaum buruh dan mudah-mudahan demo tidak terus berlanjut,”pungkasnya.(Arm)


TerPopuler