-->

57 Unit Rumah Ludes 24 Unit Rusak Ringan Dilalap Jago Merah

 


Globalnewsindonesia.com ; Lahat Sumsel – Sebanyak 57 unit rumah ludes terbakar dan 24 unit di RT 03 dan RT 02 kelurahan pasar Bawah kecamatan kota Lahat rusak ringan akibat amukan sijago Minggu pukul 16.00 Wib. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut namun kerugian materil yang diderita kurang lebih 200 KK mencapai ratusan Juta.


Pantauan wartawan dilapangan, cuaca panas dan pemukiman yang padat membuat api dengan cepat menjalar dan baru dapat dijinakan setelah 10 unit mobil Damkar datang kelokasi untuk memadam kan kobaran api.Tterlihat Wabup Lahat H Haryanto SE MM, Dandim 0405 Lahat Letkol Kav Shawaf Al Amien SE.M.Si, beserta anggota Unit Intel Dim 0405 Lahat, Kapolres AKBP Achmad Gusti Hartono SIK.


"Awal api berasal dari salah satu dapur milik warga di lokasi kejadian, tiba tiba membesar dan membumi haguskan puluhan rumah yang terbilang padat penduduk," ucap Kasat Pol-PP dan Damkar Pemkab Lahat Fauzan Choiri Denin AP MM, pada Minggu (04/10/2020), kemarin.


Dijelaskan Fauzan, api membesar diperkirakan sekitar pukul 14.00 WIB, dengan menerjunkan 10 unit armada yakni, 4 unit milik Pemkab Lahat, 2 unit milik Pemkab Muara Enim, dan bantuan dari BPBD Lahat 1 unit, PDAM Tirta Lematang 1 unit, dari PT PE 1 unit, dan dari Pemkot Kota Pagaralam 1 unit.


Sedangkan, untuk api sendiri berhasil dijinakkan oleh 10 unit Pemadam Kebakaran dengan beranggotakan 200 orang dan dibantu masyarakat sekitar lokasi kejadian diperkirakan sekitar pukul 16.00 WIB. Akibat dari kejadian itu, salah satu warga di Kelurahan Pasar Bawah Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat mengalami terbakar disekujur tubuhnya.


"Kini korban sedang menjalankan rawat inaf di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lahat, guna penyembuhan dari luka bakar yang dialaminya," imbuhnya.(Yung/Tim)

 

LAPORAN KEBENCANAAN PUSDALOPS-PB BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) KABUPATEN LAHAT*

*Jenis Kejadian* : Kebakaran Rumah Pemukiman Padat Penduduk.

*Tempat Kejadian* : Rt 03 Rt 04 Rw.02 Kelurahan Pasar Bawah Kecamatan Lahat.

*Waktu Kejadian* : 15 : 10 Wib

*Hari/Tanggal Kejadian* : Minggu,4 September 2020

*Korban Jiwa* : Nihil

*Kerugian Materi* : Belum diketahui

*Penyebab Kebakaran*:Belum diketahui

*Jumlah Rumah Yang Terbakar*:

- Rt 04 : 10 Rumah Habis Terbakar

- Rusak Ringan : 2 Rumah

-Rt 03 : 47 Rumah Habis Terbakar

-Rusak Ringan : 10

-Rusak Ringan : 12

*Jumlah keseluruhan*: 57 Rumah Habis Terbakar dan 24 Rumah Rusak Ringan.

*Penyebab / Kronologi kejadian* : Belum diketahui