Pemuda Asal Bulukumba Wakili Indonesia Timur di Young Ambassador Bootcamp -->

Iklan Semua Halaman

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke center 0823-7323-2423, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

Pemuda Asal Bulukumba Wakili Indonesia Timur di Young Ambassador Bootcamp

3/31/2022

 


Globlanewsindonesia.com,- Bulukumba - Putra Asal Kabupaten Bulukumba, Sulsel Lukman terpilih menjadi salah satu perwakilan Indonesia Timur dalam kegiatan Young Ambassador Bootcamp (YAB) 2022 Serpong, Kabupaten Tangerang.


Kegiatan Young Ambassador Bootcamp ini bertujuan meningkatkan motivasi pemuda dan menularkan semangat ke pemuda lainnya untuk bergerak di sektor pertanian. 


Lukman yang juga merupakan salah satu penerima manfaat dari program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (Yess Programme) mengaku merasa banyak belajar dan mendapat pengetahuan di bidang pertanian setelah mengikuti kegiatan tersebut.




"Awal mula saya bergerak di sektor pertanian ketika mengikuti salat satu pelatihan yg dilaksanakan oleh Program Yess di Bulukumba. Mengelola lahan seluas 2 Hektar (Ha) untuk ditanami cabai yang kemudian diikuti oleh pemuda lainnya. Dipilih sebagai salah peserta Young Ambassador Bootcamp 2022 merupakan jalan untuk memperkenalkan bahwa sektor pertanian adalah ruang konstribusi nyata untuk bangsa. Mengubah persepsi petani itu kotor menjadi petani itu keren adalah harapan saya sebagai petani milenial. Dan setelah mengikuti kegiatan itu saya merasa banyak belajar dan mendapat berbagai ilmu pengetahuan dalam mengembangkan usaha kami di bidang pertanian holtikultura,dan saya hanya ingin mengajak ke teman-teman pemuda untuk menggarap lahan dan membangkitkan sektor pertanian. "Pertanian tak pernah ingkar janji kawan," Tandasnya


Pemuda dari desa Gattareng tersebut semakin bersemangat mengajak pemuda bergelut di sektor pertanian dan selalu ingin berbagi pengetahuan yang dia dapatkan ke pemuda lainnya yang tertarik di sektor pertanian.


Sebanyak 49 wirausahawan muda pertanian dari seluruh Indonesia mengikuti Young Ambassador Bootcamp selama enam hari, 24 - 29 Maret.


Kementerian Pertanian (Kementan) khususnya Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) hadirkan Iman G Herdiansyah, trainer profesional ESQ untuk membangun personal branding peserta. Juga hadir Dody Firmansyah, salah satu produser Opening and Closing Asian Games 2018, untuk meningkatkan video editing skill. Sementara untuk meningkatkan public speaking peserta bootcamp, Kementan hadirkan Venebella Arin. 


Kementan juga menghadirkan Ketua Duta Petani Milenial (DPM) Sandi Octa Susila; Senior Excecutive Vice President (SEVP) Komersial PT Pupuk Kaltim, Meizar Effendi; Corporate Engagement Manager PT East West Seed Indonesia, Freddy Reynaldo; dan Manager Program Pemerintah Divisi Bisnis Usaha Kecil dan Program Bank BNI, Adam Haridianto untuk membuka wawasan peserta meningkatkan akses permodalan bagi usaha mereka. 


Sederet sosok profesional kondang di atas membuktikan keseriusan Kementan memberdayakan generasi milenial, untuk menyerahkan tongkat estafet pembangunan pertanian berkelanjutan, tumpuan penyedia pangan sekaligus pengawal utama stabilitas nasional. 


Upaya BPPSDMP Kementan sejalan harapan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bahwa sektor pertanian adalah subsektor ekonomi yang menjanjikan meski dihadang pandemi Covid-19. 


Peningkatan kemampuan tersebut, katanya, melalui pelatihan dengan memanfaatkan inovasi teknologi, alat mesin pertanian (Alsintan), permagangan, akses permodalan hingga membuka jejaring pemasaran. ( Is )