Beberapa Harga Komoditi Melonjak Naik di Bener Meriah Yang Didominasi Naiknya Harga Cabai -->

Iklan Semua Halaman

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia Jika ada yang mendapat intimitasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke center 0823-7323-2423, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

Beberapa Harga Komoditi Melonjak Naik di Bener Meriah Yang Didominasi Naiknya Harga Cabai

3/16/2022

 


Globalnewsindonesia.com, - Bener Meriah - Harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional di Bener Meriah terpantau naik menjelang bulan Ramadhan.   Di Pasar Simpang Tiga, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah salah satunya, harga cabai merah yang dijual tembus Rp. 60 ribu per kilogram yang sebelumnya Rp. 25 ribu per kilogram. Untuk cabai hijau juga merangkak naik menjadi Rp. 35 ribu per kilogram yang sebelumnya dijual Rp. 20 per kilogram.  


“Kalau untuk cabai rawit masih normal sih, harganya Rp 25 ribu per kilogram, kenaikan ini terjadi semenjak dua minggu lalu,” ungkap seorang pedagang pasar, Isni (45) Rabu (16/3).   




Isni mengaku, dirinya memperoleh dagangan berupa cabai dari sejumlah pengepul dan dari distributor Pasar Paya Ilang, Aceh Tengah.   


“Kalau cabai merah dari Pasar Paya Ilang, kalau cabe lainnya dari pengepul yang ada di seputaran Bener Meriah. Soalnya di Bener Meriah petaninya jarang tanaman cabai merah,” sebutnya.   Menurut Isni, melonjaknya harga cabai merah saat ini lebih signifikan dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya.   


“Kalau dulunya harga cabai merah berkisar Rp. 45 ribu sampai Rp. 55 ribu per kilogram. Tapi sekarang bisa naik begitu siknifikan, kami juga bingung, belum lagi sekarang pembeli sangat kurang,” ujarnya.   


Dari Pantauan yang ditemui GNI, selain harga cabai, harga sejumlah komuditi seperti bawang merah mencapai Rp. 35 ribu per kilogramnya dan harga tomat berkisar Rp 15 per kilogram. 


Menjelang Meugang Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, harga eceran cabai merah di pasar Simpang Tiga, Bener Meriah mencapai Rp. 55 ribu per Kilogram. "Harga seluruh cabai naik 20-30 persen," ujar Lidya, salah satu pedagang pasar Simpang Tiga kepada GNI.com. Sedang cabai hijau tembus  Rp. 25 ribu per Kilogram dan cabai kecil/rawit Rp.40 ribu per Kilogramnya. Kenaikan cabai tersebut karena menjelang masuknya bulan Ramadhan dan Idul Fitri, berbeda dengan harga bawang. Harga bawang masih tetap stabil di kisaran harga Rp. 25 Ribu per kilogram. 


"Harga bawang 25 ribu perkilo dan masih standar,"katanya. untuk setiap memasuki Ramadhan dan lebaran harga bahan pokok beserta komoditi lainnya diperkirakan akan naik dan untuk saat ini hanya cabai saja yang naik.  (Yh)