Desa Pancur Mas Terisolir, Masyarakat Kesulitan Angkut Hasil Panen -->

Desa Pancur Mas Terisolir, Masyarakat Kesulitan Angkut Hasil Panen

10/26/2021, 10/26/2021

 


Globalnewsindonesia.com,- Empat Lawang- Masyarakat Desa Pancur Mas Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang Sumatera Selatan (SUMSEL) berharap kepada pemerintah untuk memperbaiki akses jalan dan Dua jembatan desa Pancur Mas, Senin 25 Oktober 2021.


Dua jembatan tersebut sungguh sangat memperhatinkan kondisinya sehingga terlihat berbahaya bagi masyarakat yang lewat jembatan tersebut, terutama bagi masyarakat yang ingin menjual hasil panen mereka.



Sebanyak kurang lebih 600 jiwa dari 148 kartu keluarga (KK) masyarakat yang berada di Desa Pancur Mas dan hampir keseluruhan masyarakat ini petani,


Yusman sebagai Kadus I mengatakan, Alangke senang nyo ( alangkah senangnya ) masyarakat pancur mas terutama duson 4, kalau ado bantuan jalan atau lampu untuk duson 4 masyarakat disitu sampai bernazar melelek (motong) kambing sangkan kesenangannyo dan mintak bantuan nian, kami lah berapo kali mengajukan bantuan jembatan atau jalan untuk Desa Pancur Mas.


Tapi sampai saat ini belum ado bantuan itu, kalau jalan ke duson 4 itu lah alap, mungkin pacak membantu perekonomian daerah, sebab hasil panen di duson itu lumayan bagus" ujarnya.


Masih kata Yusman, dulu sebanyak 56 KK masyarakat di duson 4 Mak ini, sekarang jadi 19 KK, mereka pindah di karnoke akses jalan idak mendukung dan lampu di duson 4 tu belum ado, jadi demi keluargo dan untuk anak - anak nyo sekolah, banyak masyarakat pindah ketempat lain, lagian hargo jual karet samo buah sawit di duson 4 itu cuman di hargo ke setengah dari Hargo di luar duson.



Mungkin di Karno ke akses jalan tidak mendukung tu, padahal dari hasil panen mereka lumayan banyak dan bagus.


Sementara itu Kepala desa Pancur Mas  Suhendri mengatakan, Kami pemerintah desa pernah mengajukan dan musribangkan tapi kenyatanya kami berharap menunggu, mudah mudahan di 2022 ini bisa terealisasi," ucapnya. 


Untuk harapannya, menunjang suatu perekonomian Empat Lawang, dan kami pemerintah desa serta saya sebagai Kepala desa mengharap pembagunanya di lanjuti secepatnya.


Dinas Koperasi dan UMKM melalui Kabid Fafif Fortuna saat di wawancari di lokasi mengatakan,"Kami sebagai penjembatani dari transmigrasi mungkin tahun 2022 harapannya akan di laksanakan secepatnya, dan mungkin bulan 5 akan di laksanakanya pembagunan ini kalau tidak ada hambatan, harapan kami dari transmigrasi karena ini lokasinya transmigrasi artinya extra migrasi kami akan mendukung dan berupaya akan melaksanakan pembagunan di tahun 2022.


Lanjut Fafif Fortuna, Kami akan berusaha mengajukan bantuan untuk Desa Pancur Mas, terutama pembagunan jembatan, terus bedah rumah, sudah itu nanti ada juga permintaan lampu tenaga Surya mungkin kami akan melaksanakanya di tahun 2022 juga,"  ujarnya. (SI)

TerPopuler