-->

Sekber Wartawan Indonesia Jatim Menunggu Mandat Pembentukan Pengurus


GlobalNewsIndonesia.Com,- Jawa Timur,- Dengan terbentuknya Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Sekber Wartawan Indonesia (SWI) kemarin (5/8/2020) di Bekasi, SWI Jawa Timur menunggu mandat pembentukan pengurus.

Terpilihnya Maryoko Aiko sebagai Ketua Umum DPP SWI dan Herry Budiman sebagai Sekretaris Jenderal, menandai lengkapnya struktur kepengurusan SWI tingkat pusat. Kini tinggal menunggu pembentukan kepengurusan SWI di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.
 
Hery Budiman, Sekjen DPP SWI terpilih mengatakan, Pembentukan SWI di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota akan segera dilaksanakan.

"Alhamdulillah hari ini kita telah disepakati kelengkapan struktural DPP SWI. Walau belum semua terisi tetapi kita starting untuk membentuk SWI di tingkat Provinsi dan Kota/Kabupaten," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa SWI dalam waktu dekat ini akan menerbitkan surat mandat pembentukan Dewan Pimpinan Wilayah (SWI) tingkat Provinsi.

"Sudah ada 31 Provinsi yang siap membentuk DPW SWI dan puluhan DPD kabupaten/kota. Kita segerakan buat surat mandatnya kepada mereka. Mudah-mudahan Agustus ini beres," ucap Hery Budiman.

Sementara Maryoko Aiko, Ketua Umum SWI menjelaskan, Organisasi ini sebagai wadah Produktivitas Profesi, sehingga mampu memberikan manfaat untuk para anggotanya.

"Kami harap langkah awal ini menjadi titik balik dari pergerakan Organisasi Jurnalis yang dapat menjaga  nilai-nilai Idealisme Profesi, tanpa menyampingkan nilai ekonomi," ungkap Maryoko.

Menanggapi pernyataan DPP SWI, Ichwan Efendi salah satu Mandataris SWI Jawa Timur berharap agar mandat untuk pembentukan kepengurusan di Jawa Timur segera diterbitkan.

"Menindak lanjuti hasil Rapat Pleno DPP SWI, kami menunggu diterbitkannya mandat untuk membentuk kepengurusan ditingkat provinsi agar sesegera mungkin kami adakan konsolidasi bagi anggota-anggota yang ada di Jawa Timur", ucapnya (06/08/2020).

Dia juga menambahkan, bahwa SWI bukan hanya sebuah organisasi profesi saja, tapi menjadi sebuah wadah untuk meningkatkan kapasitas dan kesejahteraan wartawan yang tergabung didalamnya.

"Harapan kami, SWI sebagai organisasi profesi Wartawan dengan program-program kerjanya, akan memberikan peningkatan kapasitas dan kesejahteraan bagi anggota. Serta SWI bisa menjadi organisasi profesi yang sesuai dengan Standar Organisasi Wartawan dari Dewan Pers, dan kedepannya akan menjadi konsituennya", pungkas Ichwan Efendi mengakhiri penuturannya.(Ysn)