Terapkan Keterbukaan Informasi Publik Diskominfo Bantaeng Akan Bentuk KI -->
Jika Ditemukan Anggota GNI yang melakukan Intimidasi, pemerasan dan perbuatan tidak menyenangkan lainnya, segera laporkan ke Center Kami 0823 7323 2423,

Terapkan Keterbukaan Informasi Publik Diskominfo Bantaeng Akan Bentuk KI

5/27/2021, 5/27/2021



GlobalNewsindonesia.com-Bantaeng, - Semangat keterbukaan informasi yang makin meningkat di kalangan masyarakat, tampaknya cukup mendorong Dinas Kominfo Bantaeng untuk membentuk lembaga Komisi Informasi (KI) di Kabupaten berjuluk Butta Toa ini.


Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kominfo Bantaeng, H. Subhan, S.Sos, M.Si, kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya belum lama ini. Menurutnya, kebutuhan masyarakat terhadap setiap informasi yang mesti diketahui publik, menjadi salah satu faktor hingga menginisiasi pihaknya untuk menghadirkan lembaga tersebut. 


"Saat ini eranya keterbukaan, begitu juga informasi yang semestinya disampaikan kepada publik, tidak perlu ditutupi agar semua menjadi terang benderang. Ini juga dapat menjadi salah satu upaya untuk semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah khususnya di Bantaeng," jelasnya. 

 

Mantan Camat Tompobulu ini menjelaskan, poin penting dari upaya pembentukan Komisi Informasi tersebut nantinya tidak lain adalah niat baik Pemerintaah  dan DPRD untuk mewujudkan keterbukaan informasi di Kabupaten Bantaeng. 


Bukan apa-apa, lanjut dia, Kabupaten Bantaeng saat ini mengalami perkembangan cukup pesat dalam berbagai hal. Dengan begitu diperlukan peningkatan pengawasan publik terhadadap kebijakan publik. 


"Jadi dengan membentuk Komisi Informasi Kabupaten Bantaeng merupakan salah satu wujud komitmen pemerintah daerah dalam implementasi UU No.14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik," ungkapnya. 


Hanya saja, terang H. Subhan, rencana tersebut diperkirakan baru bisa terlaksana tahun depan atau pada 2022. Musababnya, kondisi sekarang masih dalam masa pandemi covid-19 sehingga semuanya perlu pembatasan. 


Kadis Kominfo juga mengakui, saat ini ketersediaan anggaran tidak mendukung untuk melaksanakan program tersebut. Itu disebabkan budget anggaran yang dimiliki Kominfo Bantaeng mengalami pengurangan karena refocusing anggaran covid-19 tahun 2021.


Namun begitu, pihaknya tetap berupaya melakukan studi ke Bulukumba sebagai kabupaten terdekat yang telah cukup lama mendirikan Komisi Informasi. 


"Insya Allah pembentukan Komisi Informasi Kabupaten Bantaeng akan kami programkan tahun 2022 karena ini menyangkut kesiapan anggaran. Kami juga akan berkunjung ke Bulukumba karena merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki Komisi Informasi," tandas mantan Kadis Pariwisata ini.

TerPopuler