Kebakaran Rumah Milik Warga, Dugaan Sementara Akibat Arus Listrik

Kebakaran Rumah Milik Warga, Dugaan Sementara Akibat Arus Listrik

 


GlobalNewsIndonesia.com,- Empat Lawang,- Kebakaran menghanguskan satu rumah warga desa Muara Lintang Lama Kecamatan Pendopo Barat Kabupaten Empat Lawang, jumat ( 22 /01/2021) sekitar pukul 07.00 wib.


Kobaran api menghanguskan satu buah rumah atas nama Arman Baiti ( 60) dan satu rumah rusak berat atas nama Sairul. 


Menurut Norman selaku pendamping Pemberdayaan desa (PDP) Kecamatan Pendopo Barat menuturkan kejadian sekitar pukul 18 : 10 Wib yang mana pemilik rumah sedang tidak berada ditempat.


"Saat kejadian pemilik rumah sedang ke sawah, alhamdulillah tidak ada korban jiwa, dan belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran namun kerugian ditafsir mencapai ratusan juta dan saat ini korban diungsikan dirumah keluarganya,"Jelasnya


Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD ) Empat Lawang Sahrial Podril melalui Sekretaris BPBD Rupi Faizal membenarkan telah terjadi kebakaran di Desa Muara Lintang Lama. 


"Iya , kejadiannya sekitar pukul 08:00 Wib dan satu jam berhasil di padamkan  oleh petugas menggunakan dua unit mobil pemadam yaitu damkar Pendopo dibantu Damkar Muara Pinang serta warga sekitar ,"kata Sekretaris BPBD Rupi Faizal


Dijelaskan Rupi, dugaan sementara Api berasal dari Korsleting listrik sehingga mengakibatkan rumah warga yang masih berbahan papan kayu itu terbakar hebat.


"Di wilayah sana memang mayoritas rumah masih berbahan kayu sehingga sangat rawan apabila terkena api,"jelasnya


Dirinya menghimbau kepada masyarakat khususnya rumah yang terbuat dari papan untuk selalu berhati - hati apabila hendak keluar rumah seperti ke kebun ataupun ke sawah .


"Jangan tinggalkan rumah sebelum dicek dan di pastikan tidak ada korsleting listrik seperti magicom yang selalu terhubung ke aliran listrik ataupun kompor ,"himbaunya


Masih di katakannya, dengan kejadian musibah itu pihaknya akan langsung berkoordinasi ke Dinas Sosial untuk segera memberikan bantuan bagi korban kebakaran.


"Bantuan akan segera kita salurkan bersama Dinsos, baik berupa Sembako , makanan cepat saji dan pakaian,"Tukasnya.(SI).

Share This :