Dekranasda SulSel Helat Studi Kaji di Jawa Barat Terkait Produk Kreatif -->
Global News Indonesia Menerima Tulisan dan Artikel, Kegiatan Komunitas, Sosial, Opini, Informasi Donasi Rumah Ibadah dan Panti Asuhan, dll | Global News Indonesia juga membuka Kesempatan untuk Biro & Jurnalis Muda diseluruh Indonesia, | Jurnalis GNI dibekali Identitas dan surat Tugas, Informasi dan Pengaduan di Center 0823-7323-2423

Dekranasda SulSel Helat Studi Kaji di Jawa Barat Terkait Produk Kreatif

12/04/2020, 12/04/2020


GlobalNewsindonesia.com - Bandung. - .Sukses dengan swab test terhadap Pengurus Dekranasda Sulawesi Selatan (Dewan Kerajinan Nasional Daerah SulSel), Hj Liestiaty F Nurdin selaku Ketua memutuskan memberangkatkan rombongan menuju Provinsi Jawa Barat (JaBar) pada Selasa (01/12/20).


Kurang lebih 20 orang berangkat melalui Bandaa Udara Sultan Hasanuddin Makassar di Kabupaten Maros. Mereka akhirnya tiba sekitar Selasa siang di Gedung Dekranasda JaBar yang juga adalah lokasi Kerajinan dan Kuliner Jawa Barat (Kerabat) Store.


Lies pada kesempatan itu menyampaikan bahwa rombongan yang dipimpinnya ingin belajar terkait industri kerajinan mulai dari proses pembuatan/pengolahan hingga melihat langsung produk yang dihasilkan.


"Kedatangan kami untuk belajar lebih detail produk kreatif yang dikembangkan dan dihasilkan Provinsi Jawa Barat. Kami banyak mendengar, membaca dan juga melihat melalui media, daerah ini memiliki banyak potensi berkualitas", jelas Isteri Gubernur SulSel (HM Nurdin Abdullah) itu.


Dirinya berharap, kesempatan belajar itu dimanfaatkan dengan maksimal. Sekembalinya ke SulSel dapat diaplikasikan ke daerah Kabupaten dan Kota bersama para Pengrajin serta Pelaku UMKM.


"Kesempatan ini sangat berharga untuk kita saling berbagi. Tentu kita harus terus belajar terutama selama kita Jawa Barat, dari sini kita bisa lahirkan inovasi dan produk lebih kreatif lagi", harapnya.


Senada itu, Sekretaris Dekranasda SulSel, Syamsuniar Malik mengungkapkan jika kegiatan tersebut bertajuk "Studi Kaji Produk Kreatif". Hal mendasar kata dia, bagaimana menyadur ilmu dan pengalaman dari Dekranasda JaBar, tentu dengan mengunjungi sentra-sentra produksi di daerah itu.


"Setelah penerimaan ini, sudah terjadwal beberapa lokasi akan kita kunjungi. Mudah-mudahan dapat kita terapkan apa yang kita lihat dan praktekkan nanti, minimal kita adopsi sesuai kebutuhan serta kondisi dan potensi yang dimiliki Kabupaten/Kota", paparnya.


Satu diantaranya, kegiatan dihari pertama berlanjut ke Saung Mang Udjo. Kepala Bidang Pengembangan dan Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan SulSel itu membeberkan, studi kaji akan bergulir hingga 4 Desember 2020.


Penerimaan siang itu, Ketua Dekranasda JaBar diwakili oleh Lina Marlina Ruzhan. Adalah Wakil Ketua Dekranasda JaBar yang juga Isteri dari Wakil Gubernur JaBar.


Dikatakan bahwa pertemuan kedua daerah sekaligus akan mempererat hubungan silaturahmi. Karenanya Lina berharap rombongan dari SulSel bisa tinggal lebih lama di Bandung.


"Di Kerabat Store ini kita tampilkan sebagian produk dari 27 Kabupaten dan Kota yang ada di Jawa Barat. Mudah-mudahan Ibu berkenan berlama-lama berada di Bandung", tutur Lina.


Untuk lebih menguatkan lagi hubungan kedua daerah, dilakukan penyerahan cinderamata. Dengan begitu muncul harapan agar ke depan dapat terjalin kerja sama lebih apik khususnya terkait produk UMKM.(*)

TerPopuler