Politisi Senior PKB Lasarus Kasmul Pemkab Matim Berdayakan Sektor Wisata. -->
Global News Indonesia Menerima Tulisan dan Artikel, Kegiatan Komunitas, Sosial, Opini, Informasi Donasi Rumah Ibadah dan Panti Asuhan, dll | Global News Indonesia juga membuka Kesempatan untuk Biro & Jurnalis Muda diseluruh Indonesia, | Jurnalis GNI dibekali Identitas dan surat Tugas, Informasi dan Pengaduan di Center 0823-7323-2423

Politisi Senior PKB Lasarus Kasmul Pemkab Matim Berdayakan Sektor Wisata.

11/03/2020, 11/03/2020



GlobalNewsIndonesia.Com - BORONG NTT, -Penataan Obyek wisata yg berpotensi di pesisir utara Manggarai Timur harus menjadi  prioritas khusus Pemkab Matim.


Pariwisata ditetapkan sebagai salah satu sektor atau bidang pembangunan prioritas kedua ( the second leading sector priority ) selain pertanian, peternakan, dan juga nelayan,


Cetus politisi Partai Kebangikatan Bangsa (PKB) yang merupakan guide Senior Manggarai Raya asal Propinsi NTT kepada GlobalNewsIndonesia Selasa, 3/11/2020.


Ia menambahkan, dari pencanangan prioritas pembangunan yang disepakati dapat ditetapkan dalam Peraturan Daerah ( perda) sebagai payung hukum dalam melaksanakan pembangunan daerah untuk menyikapi konsep pembangunan otonom. 


Setelah produk hukum pelaksanaan pembangunan tersedia, maka daerah harus bisa merencanakan prioritas keuangan untuk dana pembangunan yg telah direncanakan (the development funds) tambahnya.


Menurut Lasaraus Ada beberapa pilihan sumber pendanaan sebagai alternatif strategis yang bisa di alokasi Pemkab Matim dalam hal ini diantaranya, dana yang bersumber dari dana Dau dan Dak bisa juga dari dana lain yg tidak terikat.


Swastanisasi pembangunan dalam bentuk Tukar guling aset, kontrak pakai bantuan dan lahan, kontrak kerjasama pengelolaan aset Tanah atau bangunan dalam bentuk Perjanjian yang permanen tanpa ada tendensi kepentingan dengan tetap mengacu pada prinsip transparan, akuntabel, dan profitable, imbuh lasarus.


Perlunya Penataan Obyek obyek yg strategis diprioritaskan menurut Guide senior (lasarus)  agar memikat dan menarik minat para wisatawan datang.


Tempat wisata yang berada di Kabuaten Manggarai Timur sesungguhnya tidak kalah menariknya dengan apa yang ada di Kabupten kabupaten lain sperti Labuan Bajo Manggarai Barat.


Banyak tempat wisata di Manggarai  Timur yang semestinya bisa di jual ke kanca dunia, Manggarai Timur memiliki Pemandangan alam yang indah, pantai berpasir putih, serta pemandangan alam bawah laut (the underwater worldviews) yang indah.


Infrastruktur yang dibangun sebagai akses masuk lokasi wisata juga sebagai faktor penunjang, jika tidak kata lasarus akan berdampak kepada melemahnya tingkat kunjungan wisatawawan.


Hal yang penunjang lainnya cetus lasarus yang akarab di sapa Lasa diperlukan pemandu wisata yang profesionl yang bisa menjual dan promosikan keunikan lokal lainnya yang ada di sekitaran tempat wisata.


Kebangaan yang ada di kab manggarai Timur , Biawak raksasa (the big Giant lizards) yang terdapat di Kecamatan Sambi Rampas tepatnya di Pota tompong merupakan jenis reptil yang seharusnya ditangani serius oleh Pemkab Matim.


Lasarus mengharpkan kepada Pemkab Matim, Segera dibuat penelitian bekerja sama dengan lembaga khusus agar dapat diketahui Spot atau titik tempat biawak berkumpul, bertelur, berjalan, dan juga kebiasaan alami lainya, jumlahnya, berat badannya, apakah reptil ini tergolong berbahaya juga atau tidak.


Daerah bangun kerjasama dengan Pemda provinsi agar dapat menentukan zonasi yang harus dilindungi dan batas batas dengan wilayah permukiman terkait dengan lokasi lokasi wisata yang ada.


Obyek penunjang Rana Tonjong bunga lotus raksasa, guua gua, air terjun, budaya local juga harus diperhatikan Akses, penataan dan kelesatarianya tambah Lasarus.


Lasa kasmul( guide ) senior, promosi adalah hal hal yg terakhir setelah seluruh obyek dipersiapkan dengan matang, sebab tidak menggunakan prinsip promosi dahulu baru buka restoran.Tentu buka resto dahulu yg standarnya wajar baru promosi.


Penulis " Lasrus Kasmul "

TerPopuler