-->

Aparat Keamanan Dan BPD Awasi Penyaluran BLT DD Tahap 3 Di Desa Glondonggede


GlobalNewsIndonesia.com,- Tuban,- Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bersama aparat kepolisian dan TNI, ikut awasi penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap 3, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Glondonggede Kecamatan Tambakboyo Kabupaten Tuban, Senin (20/07/2020) 14.00 WIB di Balai Desa setempat.

Acara tersebut turut dihadiri Camat Tambakboyo,, Wakapolsek Ndanramil, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Perangkat Desa, dan warga penerima bantuan BLT-DD Desa Glondonggede, sesuai penerapan aturan protokol pencegahan Covid-19.

Wakil Ketua BPD, Ali Makfur mengapresiasi kinerja Pemdes Glondonggede yang telah bekerja maksimal, sehingga dapat menyalurkan bantuan BLT DD tahap 3 dengan tepat waktu. Ia juga berharap kepada keluarga penerima manfaat bantuan ini, agar menggunakannya dengan baik, terutama untuk kebutuhan pokok sehari hari, mengingat bantuan tersebut sangat terbatas.

Sementara menurut penuturan Sekretaris Desa Bisri Mustofa mengungkapkan, bahwa bantuan BLT-DD ini, hanya diberikan untuk masyarakat miskin yang terdampak Covid-19 secara ekonomi. Bantuan yang diberikan sejak bulan Mei hingga Juli 2020 beserta operasionalnya, telah menghabiskan anggaran dari Dana Desa sebesar Rp.197.900.000,-. Sedangkan anggaran untuk penanganan Covid-19 beserta pembentukan tim gugus sebesar Rp. 44.066.350,-.


Dia menambahkan bahwa BLT DD ini akan berlanjut lagi sampai 3 bulan kedepan, akan tetapi nominalnya berbeda. Untuk bulan Mei sampai Juli sebesar Rp. 600.000,- per keluarga penerima manfaat, sementara untuk 3 bulan selanjutnya Rp. 300.000,-. Hal ini ia sampaikan berdasarkan Surat Edaran dari Sekda Tuban nomor: 140/2984/414.106/2020 perihal Penyesuaian Anggaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

"BLT-DD ini bila dikalkulasi mulai bulan Mei s/d Juli, kemudian berlanjut bulan Agustus s/d Oktober, per keluarga penerima manfaat mendapatkan bantuan Rp. 2.700.000,-", tuturnya.

Oleh karena itu, mengingat anggaran dari Dana Desa yang banyak dialihkan untuk bantuan BLT DD dan penanganan Covid-19, Hery Subagiyo selaku Camat Tambakboyo berharap kepada masyarakat agar bantuan di pakai sebijak mungkin, serta mendoakan agar Covid-19 segera hilang dan ekonomi kembali normal.

"Bapak/Ibu berdoa saja agar bantuan BLT-DD berikutnya segera datang, tapi covidnya jangan di doakan datang juga", celetuk Camat Tambakboyo.

Ia juga mengingatkan masyarakat yang sudah mendapatkan bantuan, agar selalu mengikut himbauan pemerintah untuk lebih taat lagi mengikuti protokol pencegahan Covid-19.

Sementara itu, Wakapolsek Tambakboyo juga turut mengingatkan masyarakat terkait kondusifitas di Desa, agar tidak mudah termakan berita hoax dan terprovokasi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Misalnya, bantuan selanjutnya kok hanya Rp. 300.000, dan ada yang bilang kalau uangnya dikorupsi oleh Pemdes, maka jangan mudah percaya. Intinya Pemdes tidak bisa main seenaknya dan banyak pihak yang ikut memantau, jadi bisa dipastikan aman,"Ujarnya.

Setelah acara selesai, salah satu anggota BPD mengonfirmasikan kepada awak media, bahwa ia cukup mengapresiasi transparansi anggaran oleh Pemerintah Desa, dan akan mengkroscek lagi ketika Laporan Realisasi Anggaran, serta akan mengevaluasi pada saat rapat Perubahan APBDes 2020. (Ys)