LSIK UNMUHA, Adakan Pelatihan Bagi Khatib dan Imam -->

Advertisement



Jika ada Anggota GNI yang melakukan Intimidasi, Pemerasan atau Pungli silahkan Laporkan ke redaksigni@gmail.com-- GNI menerima Jurnalis dan Kabiro di kab/Kota Seluruh Indonesia, Kirimkan CV anda ke redaksigni@gmail.com

LSIK UNMUHA, Adakan Pelatihan Bagi Khatib dan Imam

2/11/2023

 


Globalnewsindonesia.com,- Banda Aceh - Lembaga Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (LSIK) Universitas Muhammadiyah Aceh mengadakan pelatihan khatib dan Imam,  bagi seluruh Pimpinan Fakultas, dosen serta karyawan. dilingkungan UNMUHA.


Tema yang di usung dalam program LSIK tersebut adalah " Meningkatkan Kapasitas Khatib dan Imam Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW. berlangsung di Aula biro rektor lantai 2. jalan Muhammadiyah, Batoh. Kota Banda Aceh, (11/02/ 2023)


peserta dari kegiatan ini terdiri dari Dekan Fakultas, Wakil Dekan I, II dan III, Staf, Karyawan dan Humas. pemateri dari kegiatan tersebut yaitu Ketua LSIK Ust. Hermansyah, didampingi oleh Ust. Muzadi dan Ust. Habib Syukri.


Dalam paparannya Ust. Hermansyah menjelaskan tata cara ber khutbah yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. "sebagai permulaan sewaktu khatib hendak menaiki mimbar, hendaknya khatib tegak berdiri sambil mengucapkan salam, serta pandangan kedepan menghadap kepada jamaah sholat." diatas mimbar Nabi SAW, melakukan duduk diantara dua khutbah.


ketentuan khutbah lainnya yaitu membaca shalawat Nabi, tidak ada hadis secara khusus dari Nabi SAW bahwa beliau membacakan shalawat untuk dirinya sendiri saat khutbah. akan tetapi, ada riwayat dari Ali r.a, dimana Ali Bin Abi Thalib membaca shalawat kepada Nabi SAW ketika khutbah. dijelas oleh ust. Hermansyah


dalam berkhutbah hendaknya sederhana,  mudah di pahami oleh jamaah sebab jamaah yang ada tidak semuanya dari kalangan akademisi atau mereka yang berpendidikan tinggi.


Dalam pelatihan tersebut seluruh peserta diwajibkan untuk tampil menjadi khatib, serta mendalami seluruh materi yang telah disampaikan oleh pemateri.


Sekretaris Lembaga Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (LSIK) Universitas Muhammadiyah Aceh menyampaikan "kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan, khusus nya Dosen dan Karyawa dilingkungan Universitas."


Habib Syukri menambahkan lagi Saran yang ingin kita capai adalah agar seluruh  karyawan dan Dosen unmuha cakap dan mampu berdiri menjadi Imam ataupun Khatib Jum'at. tutup Habib Syukri (Rm)