Asosiasi Guru Sejarah Indonesia Provinsi Aceh Sukses Laksanakan Diskusi Sejarah Bersama Guru Besar Sejarah USU -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Asosiasi Guru Sejarah Indonesia Provinsi Aceh Sukses Laksanakan Diskusi Sejarah Bersama Guru Besar Sejarah USU

1/31/2023

 


Globalnewsindonesia.com,- BANDA ACEH - Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) provinsi Aceh menggelar kegitan Diskusi sejarah yang dirangkai dengan Sosialisasi prodiS-2 Ilmu Sejarah FIB Universitas Sumatera Utara. Kegiatan yang berlangsung hari Senin tanggal 30 Januari 2023  di SMA Labschool Unsyiah Banda Aceh ini diikuti oleh guru-guru sejarah se kota Banda Aceh dan sekitarnya sekitar 30-an orang, Selasa (31/1/2023)


Bertindak  sebagai narasumber  dalam kegiatan ini dua guru besar Ilmu Sejarah USU yaitu Prof. Pujiati, M. Soc, Ph. D dan Prof. Dr. Budi Agustono, M. S. Dalam pemaparannya Prof. Pujiati, M. Soc, Ph. D menyampaikan perihal pentingnya para guru untuk meng-update ilmunya secara terus menerus dengan memperbanyak iqra (membaca). 


Dalam kesempatan ini pula Prof. Pujiati, M. Soc, Ph. D yang juga menjabat sebagai ketua Prodi-S2 Ilmu Sejarah FI USU mengajak kepada para guru untuk meningkatkan kapasitas dengan melanjutkan studinya ke jenjang S-2 pada Prodi ilmu Sejarah FIB USU.


Sementara itu Prof. Dr. Budi Agustono, M. S memaparkan pentingnya merawat ingatan,”Bahwa siapapun yang berhasil merawat ingatan, maka dialah yang akan menguasai sejarah”. Selanjutnya beliau menyambaikan bahwa ilmu sejarah itu dinamis, maka  setiap generasi memiliki tafsir yang terus berkembang terhadap peristiwa sejarah. Oleh karenanya para guru harus terus belajar dengan meningkatkan literasi pada bacaan-bacaan yang serius.  


Para peserta yang hadir yang umumnya terdiri dari guru-guru sejarah sangat antusias mengikuti kegiatan ini sampai selesai. “ini kesempatan langka dan sangat berharga bagi kami, dimana kami bisa langsung belajar sejarah dari dua orang guru besar sekaligus”. Demikian ungkap salah-seorang peserta, Lora Sandhita, S.Pd dari SMA Labschool Unsyiah.


Ketua AGSI Aceh Hizqil Apandi, S.Pd dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan kedua narasumber untuk memberikan pencerahan kepada guru-guru sejarah di Aceh sekaligus bersilaturahmi dengan AGSI Aceh. Hizql juga menyampaikan tantangan guru sejarah masa kini yang dituntut menguasai informasi yang up to date, oleh karena itu  rekan-rekan guru sejarah agar dapat terus meningkatkan kapasitas diri dengan banyak membaca dan jika memungkinkan untuk melanjutkan studi ke jenjang master. (Rizki M)