Para Karaeng Dinasti Laikang Berkumpul di Bulukumba -->

Iklan Semua Halaman

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke center 0823-7323-2423, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

Para Karaeng Dinasti Laikang Berkumpul di Bulukumba

KIM(Kelompok Informasi Masyarakat)
8/26/2022


GlobalNewsindonesia.com-BULUKUMBA, - Ikatan Persaudaraan Dinasti Karaeng Laikang di Kabupaten Bulukumba Sulsel menggelar silaturahmi akbar, Kamis, 25 Agustus 2022, bertempat di jalan AP. Pettarani Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba. 

Andi Saiful Ishak, salah seorang Generasi ke V Karaeng Pabbara Daeng Sipali ( Karaeng Laikang) , kepada redaksi menuturkan, Ikatan Persaudaraan Dinasti Karaeng Laikang di didirikan pada tanggal 05 Juli 2022. 

Pendirian tersebut dikuatkan dengan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU.0008397.AH.01.07 Tahun 2022, tentang Perkumpulan Persaudaraan Dinasti Karaeng Laikang. 

"Kami merupakan generasi ke V dari Karaeng Pabbara Daeng Sipali atau Karaeng Laikang yang hari ini mengumpulkan segenap keluarga besar Dinasti Karaeng Laikang untuk silaturahmi agar lebih saling mengenal satu sama lain," ucap Andi Saiful.

Silaturahmi akbar tersebut, dikatakan Andi Saiful dihadiri delegasi dari keturunan Karaeng Gowa, yakni Andi Hasanuddin Dg. Sila, Keturunan Karaeng Bantaeng Andi Yusdanar Hakim, keturunan Karaeng Binamu Jeneponto Andi Makkasau atau Karaeng Lompo dan Dandim 1411 Bulukumba Letkol CZi Dendi Rahmat Subekti yang mewakili Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki (Cucu Raja Bone ke-32) yang berhalangan hadir. 

" Hadir pula keturunan Karaeng Bone, Karaeng Takalar, Maros, Sinjai dan Keturunan Dinasti Karaeng Laikang dari NTB," tandasnya. 

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, salah seorang pendiri Persaudaraan Dinasti Karaeng Laikang, Andi Haris Ishak mengatakan Dinasti Karaeng Laikang terdiri dari 2 keturunan yakni Karaeng Pabbara Daeng Sipali dan Karaeng Pabbisi Daeng Paesa. 

Menurutnya, wadah Persaudaraan Dinasti Karaeng Laikang dalam proses pembentukan hingga mendapatkan SK Kemenkumham tidak terlepas dari berbagai tantangan dan riak-riak yang ada. 

" 3 bulan perjalanan mengurus akta pendirian, banyak tantangan dan riak yang kami hadapi, bahkan ada yang mengatakan dengan terbentuknya Dinasti Karaeng Laikang maka kami akan mendirikan kerajaan baru di Bulukumba. Tidak ada lagi kerajaan baru, NKRI adalah harga mati bagi keturunan Karaeng Laikang," tegas Andi Haris Ishak.

Andi Haris menjelaskan, tujuan didirikannya persaudaraan Dinasti Karaeng Laikang adalah semata-mata untuk saling mengenal dan mempererat persaudaraan. 

" Persaudaraan Dinasti Karaeng Laikang didirikan untuk merajut tali silaturahmi, juga untuk mengingatkan pemerintah daerah bahwasanya di Bulukumba ada daerah yang bernama Laikang yang masih jauh dari sentuhan infrastruktur," ujarnya. 

" Sedikitpun tidak ada niat untuk menyombongkan diri, membusungkan dada, karena kami semua tahu bahwa Karaeng (Bangsawan) itu hanyalah "sifat". Dan kami pendiri Persaudaraan terbuka lebar kepada keturunan Karaeng Pabbara Daeng Sipali dan Karaeng Pabbisi Daeng Paesa untuk bergabung, "tutup Andi Haris Ishak. (*)