Operasi Keselamatan Jaya 2022 Dimulai Hari Ini -->

Iklan Semua Halaman

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Operasi Keselamatan Jaya 2022 Dimulai Hari Ini

3/01/2022

 


Globalnewsindonesia.com,- Bulukumba - Kepolisian Resor Bulukumba melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi “KESELAMATAN-2022”. Selasa (1/3/2022).


Apel gelar pasukan yang berlangsung di halaman apel Mapolres Bulukumba dipimpin langsung oleh Kapolres Bulukumba AKBP Suryono Ridho Murtedjo, S.IK., M.Si, di hadiri oleh Dandim 1411 Bulukumba LETKOL CZI Dendi Rahmat Subekti, S.IP, Kadishub Bulukumba yang diwakili oleh Kabid LLAJ A.Mappatunru, dan para PJU Polres dan Polsek jajaran Polres Bulukumba serta Kodim 1411 Bulukumba.




Kegiatan apel diikuti oleh personel Kodim 1411 Bulukumba, Personel Polres, Satpol PP, BPBD dan Dinas Perhubungan Kabupaten Bulukumba. Sebagai tanda dimulainya kegiatan Ops Keselamatan Jaya 2022, AKBP Suryono Ridho Murtedjo, menyematkan pita operasi kepada masing - masing perwakilan insitusi/instansi.


Kapolres Bulukumba AKBP Suryono Ridho Murtedjo, S.IK., M.Si, saat memimpin apel gelar pasukan dalam menyampaikan amanat Kapolda Sulsel. Permasalahan dibidang lalu lintas, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. 




Perkembangan transportasi juga telah menginjak era digital. Dimana operasional order angkutan publik sudah berada dalam genggaman (cukup menggunakan handphone). Modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya Polantas, sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut. 


Polisi Lalu Lintas terus berupaya melaksanakan Program Prioritas Kapolri (PPK) 2021 - 2024 yang disebut presisi (prediktif-responsibilitas-transparansi berkeadilan).


Polri telah menetapkan kalender operasi keselamatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Operasi keselamatan tahun 2022 merupakan operasi cipta kondisi kamseltibcarlantas menjelang Idul Fitri 1443 H.


Di tengah mewabahnya covid-19 dengan mengutamakan cara bertindak persuasif humanis terhadap pelaku pelanggar lalu lintas dan protokol kesehatan, operasi kepolisian mandiri kewilayahan keselamatan 2022, dilaksanakan selama 14 hari, dimulai dari tanggal 1 sampai dengan 14 maret 2022, secara serentak di seluruh indonesia.


7 prioritas pelanggaran yang menjadi sasaran penindakan dalam operasi keselamatan 2022 yaitu :

 

1. Pengemudi Ranmor yang meggunakan HP

2. Pengemudi Ranmor Yang Masih Dibawah Umur

3. Berboncengan lebih dari satu orang

4. Tidak Menggunakan Helm SNI

5. Mengemudikan Ranmor dalam pengaruh alkohol

6. Melawan arus

7. Pengemudi Ranmor yang tidak menggunakan safety belt .


Namun pada tindakan tersebut tetap mengedepankan tindakan persuasif humanis serta melakukankan penindakan tehadap truk odol ( over dimensi dan over loading ) yang berpotensi terjadinya laka lantas.




Dalam penanganan jenis pelanggaran tersebut di atas dilakukan secara persuasif humanis dengan memberikan tindakan teguran kepada pelanggar.


Selain tindakan teguran, juga dilaksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi secara masif tentang disiplin dalam berlalu Lintas, penerapan protokol kesehatan dan mapping wialayah tempat kerumunan massa dan tempat-tempat kerumunan dan tempat-tempat lain yang dapat menimbulkan kerumunan massa sehingga diharapkan pada operasi keselamatan tahun ini dapat memutus mata rantai penyebaran covid 19, menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan blackspot, trouble spot serta dapat meminimalisir fatalitas laka lantas yang mengakibatkan korban meninggal dunia.


Sementara Kasat Lantas Polres Bulukumba AKP Andhika Trisna Wijaya, S.IK menyampaikan bahwa dalam operasi keselamatan jaya 2022, kepada para pengguna jalan dan pemilik kendaraan agar tetap mematuhi tatatertib berlalulintas dan kepada para orang tua agar tidak memberikan izin kepada anaknya yang masih tergolong dibawah umur untuk menggunakan kendaraan baik sepeda motor maupun mobi," Pungkasnya.( Is )