Guru Sejarah dan Pelajar dari 19 SMA/SMK di Takalar Kunjungi Museum La Galigo -->

Iklan Semua Halaman

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia Jika ada yang mendapat intimitasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke center 0823-7323-2423, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

Guru Sejarah dan Pelajar dari 19 SMA/SMK di Takalar Kunjungi Museum La Galigo

3/18/2022

 


GlobalNewsindonesia.com,- Makassar. --- Utusan 19 Sekolah Menengah Atas ataupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK) dari Kabupaten Takalar melakukan kunjungan ke Museum La Galigo di Benteng Rotterdam Makassar. Tepatnya di Jalan Ujung Pandang, Kelurahan Bulo Gading, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar pada Kamis (17/03/22).


Adalah perwakilan peserta didik sebanyak 6 orang siswa/siswi ditambah perwakilan guru  pendamping sebanyak 2 orang. Hal itu terkonfirmasi oleh Hasnawati, selaku Ketua MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Sejarah Kabupaten Takalar.


Kunjungan itu kata Ibu yang disapa Hasnah, merupakan yang pertama kalinya dengan melibatkan utusan sekolah jenjang SMA/SMK se-Kabupaten Takalar. 19 sekolah yang berpartisipasi bukan hanya sekolah negeri, namun juga swasta.




Kami adalah rombongan perwakilan setiap sekolah SMA/SMK Kabupaten Takalar yang guru-gurunya tergabung dalam MGMP. Setiap sekolah membawa 6 utusan per sekolah 6 siswa/siswi dan 2 guru pendamping," kata Hasnah.


Mereka hadir terjadwal dan sudah diagendakan antara MGMP Sejarah Kabupaten Takalar bersama dengan UPT Museum dan Taman Budaya yang ada di bawah kendali Dinas Kebudayan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan (Disbudpar Sulsel). Dan menjadi kegiatan pembuka yang dikerjasamakan kedua pihak.


Betapa tidak, pada puncak peringatan Hari Guru dan Hari PGRI tahun 2021, Disbudpar Sulsel telah menjalin kerja sama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel, ditandai adanya Memorandum of Ourstanding (MoU). Diikuti dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) atau Memorandum of Agreement (MoA) antara Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacab Disdik) Sulsel Wilayah VII Jeneponto-Takalar, H. Abd. Rahim dengan Kepala UPT Museum dan Taman Budaya Disbudpar Sulsel, Ernawati Asikin pada 24 Februari 2022.


Ini merupakan tindak lanjut MoU Kepala Cabang Dinas Wilayah VII Jeneponto-Takalar dengan Pengelola Museum La Galigo, dalam hal ini Kepala UPT Museum dan Taman Budaya Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan. Jadi ini perdana kami di Takalar, SMA (dan SMK) di Takalar mengunjungi museum," tegas Hasnah.


Lanjut disampaikan, kegiatan yang diberi label "Kunjungan Museum" itu tak lain bertujuan untuk mengenalkan peserta didik akan sejarah peninggalan masa lalu. Benda-benda pusaka dan purbakala peninggalan multi era dan multi dimensi dapat ditemui di Museum La Galigo.


"Kunjungan kami ini terkait mata pelajaran sejarah. Peserta didik dibawa untuk melihat bukti langsung keberadaan peninggalan sejarah dan budaya Indonesia, khususnya sejarah yang berkaitan dengan Sulawesi Selatan," pungkasnya.


Hasil kunjungan akan dijadikan pedoman untuk kunjungan berkelanjutan dari masing-masing SMA dan SMK. Tentu dengan jumlah yang lebih banyak, dia meyakini peserta didik akan lebih memahami pelajaran sejarah dengan mengetahui serta memaknai koleksi museum yang dilihatnya. (Abm)