Sambut Ramadhan: Remaja Islamic Center Lhokseumawe Gelar Pelatihan Bilal Tarawih -->

Iklan Semua Halaman

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Sambut Ramadhan: Remaja Islamic Center Lhokseumawe Gelar Pelatihan Bilal Tarawih

2/13/2022

 


Globalnewsindonesia.com- Lhokseumawe - Remaja Masjid Agung Islamic Center (REMA IC) Lhokseumawe menggelar kegiatan pelatihan Bilal tarawih di ruang muslimah kompleks Masjid Agung Islamic Center Lhokseumawe pada 12/02/2022.


Ketua umum REMA IC Bayhaqi, S.Pd menyampaikan dalam sambutannya,  bahwa acara ini diselenggarakan mengingat perlunya pembekalan bagi para remaja masjid dan pengurus masjid dalam melaksanakan tugas sebagai Bilal tarawih atau pembaca solawat pada setiap pergantian 2 rakaat di shalat sunnah tarawih yang berjumlah 20 rakaat,"ujarnya.


Ia menambahkan dan semoga ilmu yang didapatkan dari kegiatan pelatihan ini dapat bermanfaat serta dapat dibagikan kepada yang lainnya,"harapnya.


Adapun Imam Besar Masjid Agung Islamic Center Lhokseumawe, Abi Asnawi Abdullah, M.A menyampaikan,  bahwa acara ini cukup baik dan agar diteruskan kepada generasi yang akan datang, sebab dengan adanya pelatihan ini para petugas salat sunnah tarawih akan terhindar dari kesalahan ketika membaca selamat dan do'a nantinya, dan semoga acara ini dapat diikuti dengan sebaiknya,"ungkapnya.


Ustadz Abdul Halim, Lc., L.L.M selaku pemateri menjelaskan, mengenai dasar hukum solawat yang dibacakan pada setiap selesai salam pada salat sunnah terawih bahwa hal tersebut merupakan sunnah dengan menunjukkan dalil-dalil yang telah dikumpulkannya, dari beberapa hadis dan kitab-kitab turats karangan para ulama yang ahli hukum Islam (Faqih). 


Setelah memaparkan mengenai dasar hukum pembacaan selawat dan do'a, beliau menjelaskan tata cara membaca bacaan solawat dan do'a tarawih dengan menggunakan tajwid dan kaidah yang benar, serta ditutup dengan praktik yang dilakukan langsung oleh para peserta pelatihan yang hadir.


Acara ini turut dihadiri oleh Kepala Unit Pengelola Teknis Daerah (UPTD) Masjid Agung Islamic Center Lhokseumawe, beserta para majelis syura REMA IC dan pengurus Remaja Masjid di lingkungan Kota Lhokseumawe. (Rm)