Bupati Askolani : Gerakan SMP Untuk Kemandirian Pangan di Banyuasin -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Bupati Askolani : Gerakan SMP Untuk Kemandirian Pangan di Banyuasin

10/09/2021

 


Globalnewsindonesia.com,- Banyuasin,- Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (G SMP) merupakan Kemandirian Pangan Sumsel yang dimulai dari rumah tangga demi terwujudnya Sumsel lebih mandiri pangan, dibuka langsung oleh Bupati Banyuasin H Askolani, SH MH, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Banyuasin. jum'at (08/10/21).


Bupati Banyuasin H Askolani, SH MH menyampaikan, untuk Kabupaten Banyuasin sendiri Gerakan Pemanfaatan Perkarangan dan Lahan Sempit untuk Tanam Sayur dan Buah-Buahan (Gertas) sudah dilakukan dari tahun 2020 telah menghasilkan 1.2 juta hektar telah ditanami sayur dan buah-buahan seluas 240 ribu hektar luas wilayah dari 21 Kecamatan Se Banyuasin.


"  Kabupaten Banyuasin ada 5 Gerakan Mandiri Pangan seperti, Gerakan Tanam Sayur (GERTAS), Gerakan Memelihara Ternak Unggas (GEMAR TUGAS), Gerakan Pengembangan Perikanan Rakyat (GERBANG PERAK), Gerakan Pengembangan Tanaman Obat, Rempah dan Umbi-Umbian (GERBANG TOBARU) dan Gerakan Tanam Buah (PULAUAN BUEH) Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan Masyarakat pun antusias menerapkan." ujarnya.


Lanjut Bupati Askolani, Gerakan ini dilakukan bersama OPD terkait dan Masyarakat yang saat ini telah dilaksanakan diseluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Banyuasin, dengan adanya Gerakan Sumsel Mandiri Pangan ini tentu saja sangat mendorong Gerakan Mandiri Pangan di Banyuasin lebih maksimal.


" Saya harap Banyuasin menjadi Pilot Project dan Launcing Gerakan SMP yang berhasil, Kabupaten Banyuasin sendiri telah memiliki Kampung Tangguh yang berlokasi di Kelurahan Seterio ini merupakan implementasi dari 12 gerakan bersama masyarakat Kabupaten Banyuasin, silahkan disurvei semoga bisa kita tingkatkan lagi kedepan." tuturnya.


Dalam kesempatan tersebut Bupati Askolani juga menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Mulyono sebagai penggiat Program Petani Bangkit dan Kemandirian Pangan.


Sementara itu Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel Ir Agus Darwah MSI yang merupakan kordinator Gerakan SMP menyatakan bangga dengan Pemerintah Kabupaten Banyuasin yang telah mendukung penuh kegiatan tetsebut.


" Saya menyatakan kekaguman saya dengan kehadiran Bupati Banyuasin di sosialisasi ini, ini bentuk kepedulian seorang Bupati akan kemandirian pangan masyarakatnya. ucapnya. (Hasbi)