Medco E&M Siap Investasi, Lakukan Survei Seismik 2D -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Medco E&M Siap Investasi, Lakukan Survei Seismik 2D

12/22/2019

Globalnewsindonesia.com -LAHAT; Guna meningkatkan perekonomian masyarakat kabupaten Lahat khususnya di kecamatan Kikim Barat Medco Energi siap melakukan investasi. Sebagai tahap awal rencanaya akan segera melakukan survey seismik 2D terhadap lahan milik warga sebelum melakukan pengeboran minyak.

       Perwakilan medco Energi &Migas Syahrizal mengatakan, kabupaten Lahat merupakan salah satu daerah diSumsel yang menjadi lokasi pengeboran karen memiliki potensi minyak bumi. Karenanya, sebelum beroperasi ada Dua poin penting yang akan disampaikan kepada warga, yakni penjelasan tentang proses pelaksanaan survei seismik 2D dan juga terkait kompensasi bagi warga yang lahanya menjadi lintasan seismik.

         "Soal kompensasi, pertama adalah kompensasi tanam tumbuh, yakni kompensasi yang diberikan kepada pemilik lahan, baik itu dilahan milik pribadi maupun lahan persil yang sudah digarap oleh warga penyewa," ujarnya di Aula kantor camat Kikim Barat kemarin.

         Dijelaskannya, berdasarkan perhitungan kerugian jumlah tanaman rusak dan sesuai harga yang sudah di sepakati bersama dan pembayarannya di desa tempatan. Sedangkan yang kedua adalah kompensasi meter jalan, yang diberikan ke lahan yang menjadi jalur pengerjaan termasuk lahan kosong.

       “Pertama kita akan melakukan sosialisasi, kemudian pendataan awal
mendata pemilik tanah, kemudian kita akan melakukan pengeboran awal melihat kandungan minyak dan gasnya jika sesuai maka kita akan lakukan pembayaran kompensasi kepada pemilik tanah sesuai harga yang telah di sepakati," imbuhnya.

         Camat meminta seluruh masyarakat untuk mendukung kegiatan survei ini, yang diharapkan mampu mengangkat perekonomian masyarakat serta membuka lapangan kerja buat masyarakat tempatan, dan jangan sampai kejadian sebelumnya, masyarakat disini hanya jadi penonton.

       “Ya, kita minta keberadaan PT Medco ini dapat mengangkat perekonomian dan lapangan kerja buat putra daerah masyarakat disini, Kita berharap makan disini masaknya di sini, jadi bisa menopang perekonomian masyarakat di sini,ini harapan kita," jelasnya.

        Sementara itu, Kades Mekar Jaya Bambang Susanto mengatakan kegiatan eksportasi Seismik dari PT.Medco ini hanya kegiatan awal dan sesuai UUD Pemilik tanah harus memberikan izin sementara PT .Medco harus mengsosialisasikan kegiatannya kemasyarakat agar jangan menjadi masalah di kemudian hari.

       “Kegiatan ini hanya kegiatan awal, kalau nanti terjadi ketidak kecocokan nanti harus di selesaikan dengan baik, Jangan sempat kegiatan ini menimbulkan masalah atau keributan yang akan menjadi tanggung jawab kami, Kami tidak ingin ada peselisihan, dan kami harapkan jika terjadi permasalahan dapat di seslesaikan dengan aman tanpa ada permasalahan.” Pungkasnya. (par)