Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur dan BPOPLBF Teken MOU Pariwisata - Ekonomi Kreatif -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur dan BPOPLBF Teken MOU Pariwisata - Ekonomi Kreatif

4/21/2021

 


GlobalNewsIndonesia.Com,- BORONG NTT,-  Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, melakukan penandatanganan MOU dengan Badan Pelaksana Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BPOPLBF). Penandatanganan dilakukan oleh Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, SH.MHum dengan Direktur Utama BPOPLBF, Shana Fatina, hari ini, Rabu (21/4/2021), bertempat di ruang rapat Bupati Lehong Borong.


MoU ini merupakan bentuk kesepakatan formal antara Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur dengan BPOPLBF dalam rangka percepatan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Manggarai Timur. Kesepakatan teknis akan dituangkan dalam perjanjian kerja sama yang akan di tantangani di waktu berikutnya.


Dalam sambutannya Bupati Agas Andreas, menjelaskan ini adalah era kolaboratif dan saling mengisi. Kerjasama harus dimulai dengan saling percaya, jangan ada kecurigaan. Manggarai Timur harus menemukan daya saingnya sendiri di antara banyak Kabupaten yang ada di Flores .Pembangunan Pariwisata Berbasis Masyarakat, adalah arah kebijakan pariwisata Manggarai Timur. Desa harus menjadi generator ekonomi, dan masyarakat harus mendapat manfaat dari kekayaan allamnya. Diskusi dengan BPOPLBF sudah dimulai dua tahun terakhir, dan hari ini kita sudah menemukan rencana dan pola kerjasamanya.


"Harapannya adalah, setelah kesamaan pemahaman ini, kemudian, kita akan maju kepada perjanjian kerja sama, di situ nanti akan lebih detail, apa-apa yang harus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur dan apa-apa yang harus dilakukan oleh Badan Pelaksana Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores dalam rangka mendorong pertumbuhan dan pengembangan Pariwisata Kabupaten  Manggarai Timur.


Bupati Agas Andreas, mengingatkan bahwa posisi BPOPLBF ada support system, Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur harus lebih aktif dan berinisiatif. per


"Saya mengingatkan bahwa kita harus lebih aktif dalam hal ini, karena kita penggerak utamanya, BPOLF hanya pendukung.   Saya kira ini dari awal harus kita sadari posisi ini, supaya jangan saling harap dan saling menyalahkan pada akhirnya".


Direktur Utama BPOPLBF, Shana Fatina menjelaskan bahwa peran mereka adalah mendukung pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif terintegrasi yang sejalan dengan misi pemerintah pusat.


"Pada dasarnya kami dari BPOP Labuan Bajo Flores, siap men-support dan mendukung, karena tentunya ini sejalan dengan misi pemerintah pusat untuk membangun pariwisata dan ekonomi kreatif terintegrasi yang akan menyambungkan destinasi pariwisata super prioritas Labuan Bajo dengan 11 Kabupaten."


"Posisi BPOPLBF adalah menjamin dan mensupport agar keauntetikan Kabupaten Manggarai itu nanti bisa terfasilitasi dan menjadi warna dalam pariwisata berkualitas yang ada di Labuan Bajo Flores," pungkas Shana.


 Bupati Agas Andreas menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada BPOPLBF yang sudah mau membantu pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Manggarai Timur.(wens)