Rakor Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Logistik Panwascam Jatiluhur -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Rakor Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Logistik Panwascam Jatiluhur

2/03/2024

 


Globalnewsindonesia.com,- Purwakarta-  Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Jatiluhur menggelar Rapat Koordinasi (RAKOR) Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Logistik jelang kesiapan pelaksanaan pada Pemilu 2024.


Acara tersebut berlangsung di Aula Desa Cikaobandung Panwaslu Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Rabu (31/1/2024).


Dalam memastikan pelaksanaan pendistribusian logistik Pemilu Serentak 2024 agar tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, tepat jenis, tepat kualitas dan efisiensi dalam pembiayaan. Panwascam Jatiluhur telah siap melakukan pengawasan kedatangan logistik tingkat Kecamatan.


Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Panwascam Jatiluhur, Taopik Sopyani, SH Panwascam Jatiluhur saat memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi Pengawasan Tahapan Logistik Pada Pemilu Serentak Tahun 2024.


“Rapat ini merupakan bagian dari upaya Panwaslu Kecamatan Jatiluhur untuk meningkatkan efektivitas pengawasan terhadap logistik Pemilu menjelang hari pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024,” ungkapnya.


Taopik juga menegaskan Panwascam Jatiluhur berkomitmen untuk terus meningkatkan koordinasi dengan seluruh stak holder dan unsur terkait untuk mewujudkan kesuksesan pelaksanaan pemilihan umum yang bersih, jujur, adil, dan demokratis.


Perlu diketahui untuk kelengkapan logistik Pemilu terdiri dari perlengkapan pemungutan suara yang meliputi Kotak Suara, Surat Suara, Tinta, Bilik Pemungutan Suara, Segel, alat untuk mencoblos pilihan, serta Tempat Pemungutan Suara.


Sedangkan dukungan perlengkapan lainnya berupa sampul kertas, tanda pengenal, karet pengikat surat suara, lem atau perekat, kantong plastik, bolpoin, spidol, formulir, stiker nomor kotak suara, tali pengikat, alat untuk mencoblos pilihan, dan alat bantu tunanetra.


Untuk penyimpanan Logistik Pemilu, karena jumlah TPS banyak Panwascam Jatiluhur memerlukan tempat yang aman dan luas. “Antisipasi hal itu sudah di persiapkan dan sudah kita dicek tingkat kelayakan gedung,” Tegasnya.


Koordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (PP PS) Panwaslu Kecamatan Jatiluhur Riptono, Mud mengatakan, dari sejumlah logistik Pemilu yang akan di kirim hingga saat ini belum menerima apapun terkait dengan logistik.


Adapun terkait dugaan pelanggaran itu ada yaitu dari segi Alat Peraga Kampanye (APK), dan pihaknya telah menyelesaikanya secara duduk bersama dengan memanggil para pihak.


Adapun pengawasan tidak langsung berdasarkan hasil pengawasan yang dilakukan oleh Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) terkait adanya kegiatan pergerakan kampanye di masing-masing Desa.


Lebih jauh Riptono menjelaskan. Dalam upaya pencegahan pihaknya telah melaksanakan himbauan terkait netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, Kades, perangkat Desa dan Lembaga lainnya.


Selain itu pihak Pawascam Jatiluhur telah memberikan himbauan terkait pemasangan alat peraga kampanye agar tidak melanggar aturan, serta larangan kampanye di tempat ibadah, dan penanganan terhadap dugaan pelanggaran,” kata Riptono.


Koordinator Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (HP2HM) Kurniadi menambahkan, Panwascam Jatiluhur juga akan mengawasi dan mencatat metode kampanye yang diizinkan, antara lain pertemuan terbatas, tatap muka, pemasangan alat peraga kampanye dan kegiatan lain yang tidak melanggar aturan kampanye pemilu dan ketentuan peraturan perundang-undangan. 


"Kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengawasi tahapan pemilu. Pelaksanaan kampanye dalam rangkaian pemilu yang sudah berlangsung sejak 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 mendatang," kata Kurniadi.


Untuk mengawasi proses berjalannya pemilu 2024, kata Kurniadi, kali ini Panwascam Jatiluhur bekerja sama dan bersinergi dengan sejumlah unsur untuk bersama-sama mengawasi tahapan pelaksanaan kampanye.


Mulai dari Bhabinkamtibmas, Babinsa, tokoh agama dari pondok pesantren yang berada di wilayah Kecamatan Jatiluhur, organisasi masyarakat dan tokoh masyarakat serta melibatkan awak media.(mjn)