KPU Kabupaten Purwakarta Jelaskan Soal Penundaan Bantuan Transfortasi Bimtek Anggota KPPS. -->

Advertisement


KPU Kabupaten Purwakarta Jelaskan Soal Penundaan Bantuan Transfortasi Bimtek Anggota KPPS.

1/29/2024




Globalnewsindonesia.com,- Purwakarta - Dalam jadwal pembentukan anggota KPPS Pemilu 2024, maka dapat diketahui bahwa pelaksanaan bimtek, yakni setelah tahap pelantikan, untuk anggota KPPS Pemilu 2024 yang dilaksanakan mulai atau setelah tanggal 25 Januari 2024.


Untuk itu Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Purwakarta perlu mengetahui persoalan bantuan transfortasi penyelenggaraan  bimtek, yang mana ramai diperbincangkan baik soal penundaan pencairan bantuan transfortasi juga keluhan soal peserta bimtek yang mempersoalkan jumlah nilai transfortasi diberbagai wilayah Kabupaten/ Kota yang berbeda.


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta pun mengklarifikasi hal tersebut, melalui Sekretaris KPU Purwakarta Rahadian wiguna, Senin 29 Januari 2024 di halaman kantor KPU Kabupaten Purwakarta.


Sekretaris KPU Purwakarta Rahadian wiguna mengatakan, bahwa persoalan uang bantuan transport peserta Bimtek Anggota KPPS kami akan jelaskan dan juga sifatnya sebagai pemberitahuan,  karena kami selaku penguasa anggaran. Dimana Penjelasanya adalah pemberian uang transport saat bimtek memang tidak selalu sama di tiap wilayah.


Artinya, dapat diberikannya uang bantuan transport  tergantung kemampuan KPU masing-masing wilayah.


Dan adapun bahwa KPU Kabupaten Purwakarta hanya akan memberikan uang transport kegiatan bimbingan teknis (bimtek). Yang dijadwalkan terselenggara dari tanggal 26 sampai Dengan 28 Januari 2024 besarannya kisaran Rp.75.000,- yang sesuai dengan kemampuan anggaran yang ada, 


adapun masalah keterlambatan yang sebenarnya bukan penundaan itu karena adanya pas hari libur sabtu dan minggu. Sehingga akan kami berikan langsung  besok melalui KPPS, Selasa 30 januari 2024," jelasnya.


Kemudian untuk pelaksanaan bimtek pun tergantung dari jumlah KPPS. Sehingga akan ada bimtek yang satu hari terselenggara karena petugas KPPS sedikit. Namun, ada yang bisa dua sampai tiga hari lantaran petugas KPPS-nya banyak.


“Kebijakan penguasa anggaran tidak ada anggaran untuk pelantikan dan inipun KPU akan berusaha semoga anggarannya ada, tapi untuk anggaran bantuan transportasi di bimtek ada yang Insya allah hak KPPS bisa terpenuhi,” ujarnya.


Dilain hal, Ketua Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih dan Sumber Daya Manusia (Kadivsosdiklih dan SDM) Oyang Este Binos, menerangkan bahwa tujuan Bimtek ini agar menjadi bekal bagi KPPS untuk bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada saat hari H pencoblosan, 14 Februari 2024 nanti. Saat dihubungi melalui whatsapp nya. 


Dan setelah bimtek, KPPS akan mendapatkan uang saku sebagai pengganti biaya transfortasi atau disebut uang bantuan transport. besaran bantuan uang transport bimtek yang diterima petugas KPPS Pemilu 2024, berbeda-beda di setiap daerah, sedangkan untuk Kabupaten Purwakarta Rp.75.000,- 


Adapun kami harapkan bagi KPPS yang perlu informasi yang lebih jelas silahkan datang ke kantor KPU karena KPPS adalah bagian dari KPU dan jangan sungkan datang bila ada persoalan atau masalah yang belum jelas, "tegasnya.  (Mjn)