DPC Pospera Kabupaten Purwakarta Berikan Saran dan Arahan Saat Audensi bersama Diskominfo, Soal Anggaran Pengadaan Sewa Web Hosting -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




DPC Pospera Kabupaten Purwakarta Berikan Saran dan Arahan Saat Audensi bersama Diskominfo, Soal Anggaran Pengadaan Sewa Web Hosting

1/24/2024


Globalnewsindonesia.com,- Purwakarta -  Audensi yang dilakukan DPC Pospera Kabupaten Purwakarta terhadap Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Purwakarta, diterima langsung Kepala Diskominfo, Rudi Hartono juga Kepala Bidang Telematika,Gumelar beserta jajarannya. Rabu, 24 Januari 2024.


Ada hal yang sangat perlu di garisbawahi oleh DPC Pospera tentang anggaran pengadaan sewa web hosting yang dianggarkan senilai Rp 150 juta oleh pihak Diskominfo.


Untuk itu Ketua DPC Pospera Purwakarta, Sutisna Sonjaya, menyatakan bahwa  tentang anggaran tersebut pihaknya sangat prihatin adanya anggaran yang besar untuk pengadaan sewa web hosting ini. 


Dan pertanyaanya, bahwa kebutuhan sebenarnya dari web hosting yang dianggarkan itu agar dapat diberikan penjelasan yang benar, jelas dan transparan.


Kemudian kami juga ingin mengetahui alasan dibalik pengadaan sewa web hosting dengan anggaran yang cukup lumayan besar.


Dan selanjutnya apakah ada pertimbangan khusus yang membuat anggaran ini harus dikelola oleh pihak ketiga?" ucapnya.


Kalau kita melihat dari tampilan website purwakartakab.go.id,  berapa sih harga pembuatannya itu atau sewa webhosting terhitung pertahunnya.


Dan jika kita hitung secara kasar kami rasa tidak akan menghabiskan anggaran hingga mencapai ratusan juta rupiah.


Selain itu, Kita juga pertanyakan juga apakah sebelumnya sudah ada pengajuan permohonan ke Menkominfo sesuai Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 5 tahun 2015 tentang Registrasi nama domain instansi penyelenggaran Negara," jelasnya.


Masih menurutnya, dugaan Kami mereka tidak melakukan hal itu, Maka disini kami menilai adanya kejanggalan terkait pembuatan atau sewa web hosting, saran kami alangkah baiknya kalau web hosting tersebut dikelola oleh pihak Diskominfo sendiri tanpa harus berkerjasama dengan pihak ketiga, karena ini menyangkut soal data se - Kabupaten Purwakarta loh, dimana tersimpan di pihak ketiga dan apa tidak khawatir jika terjadi sesuatu hal dikemudian hari," tutupnya..


Dilain hal Kadis Kominfo Rudi Hartono menanggapi apa yang dipertanyakan melalui Kabid Telematika, Gumelar.


Dan dalam penjelasannya bahwa pengadaan sewa web hosting tersebut diperlukan untuk meningkatkan kualitas layanan informasi kepada masyarakat. 


Lanjutnya, bahwa Pengadaan sewa web hosting dilakukan kerjasama dengan Indo Global dengan langganan layanan sekitar 4 tera, "Sampai hari ini kita kerjasama dengan PT Indo Global,"tuturnya..


Terkait soal data yang tersimpan di pihak ketiga, Gumelar menjelaskan sebelumnya kita lakukan pengajuan, kita terapkan aturan jika terjadi sesuatu dikemudian hari.


"Pihak ketiga indo global menyanggupi dengan aturan yang kita buat dan langkah kedepannya, rencana kita akan migrasikan semua data yang ada di pihak ke tiga, namun tidak semudah migrasikan data, karena  sebanyak 150 website termasuk aplikasi disana rencana semuanya akan di migrasikan secara bertahap, jika sekaligus dikhawatirkan ngeblank.


Dan sementara layanan harus tetap berjalan juga harus super penuh kehati- hatian serta harus di analisa terlebih dahulu,"jelasnya. (Mjn)