Varietas Bawang Raksasa di Temukan Petani Di Jeneponto -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Varietas Bawang Raksasa di Temukan Petani Di Jeneponto

KIM(Kelompok Informasi Masyarakat)
10/06/2023


GlobalNewsindoneisa.com-Jeneponto --Petani Desa Ujung Bulu Kambutta toa Kecamatan Rumbia temukan paritas Bawang merah raksasa.


Bawang merah ini terbilang unik pasalnya ukuran buahnya terbilang cukup besar dari jenis bawang merah yang pernah ada.




Burhan, salah satu petani yang pertama membudidayakan bawang raksasa ini mengaku bahwa awalnya bawang jenis di temukan bibitnya dari bawang Bima sate yang ditanam di lokasinya.


_"Awalnya cuma dua biji yang muncul dari tanaman bawang yang saya tanam, akhirnya saya tertarik dan membudidayakan kembali" ungkapnya Burham


Selain besar buahnya buah dan aromanya juga tidak jauh beda dengan bawang merah yang ada bobot buahnya mencapai 2 biji/kg dan tidak memiliki bunga pada pucuk daun.  


Banyak yang tertarik dengan munculnya varietas bawang yang cukup besar ini. Dan saat ini kami pokus untuk membudidayakannya.


-"Untuk saat ini sudah banyak yang minat untuk beli, hanya saja bibitnya masih terbatas dan masih tahap perbanyakan umbi" jelas Burhan

 



Banyak para petani yang bertanya apa nama dan jenis varietasnya, karna munculnya di Kampung Kambutta, Saya beri nama bawang Raksasa Kambutta, Ujar Burhan saat ditemui di rumahnya Jum'at (06/10/23)


Lebih jauh Burhan berharap agar Dinas pertanian Kabupaten Jeneponto bisa mengidentifikasi jenis bawang raksasa ini agar mendapatkan hak PVT.(*)