Jurnalis Bela Negara Bersinergi Bersama Stakeholder Kabupaten Purwakarta Laksanakan Wasbang Untuk Peserta Didik -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Jurnalis Bela Negara Bersinergi Bersama Stakeholder Kabupaten Purwakarta Laksanakan Wasbang Untuk Peserta Didik

10/27/2023

 


Globalnewsindonesia.com,- Purwakarta -  Dalam giat yang dilaksanakan Jurnalis Bela Negara (JBN) selain publikasi juga edukasi tentang bela negara dalam hal wawasan kebangsaan, sisi lain JBN sangat mendukung sekali dengan program - program pemerintah yang ada juga bisa bersinergitas bersama TNI- POLRI serta Lembaga yang ada di Kabupaten Purwakaeta untuk menjadikan atau mewujudkan Kabupaten Purwakarta cipta kondusif. 


Adapun giat yang dilakukan melalui peserta didik tujuannya, agar menjadikan kemandirian dari kepribadian melalui wawasan kebangsaan mulai dari kesadaran hukum (Darkum), supaya tercipta manusia yang berahlak mulia, bergotong royong juga berkebinekaan global dan juga untuk mewujudkan pendidikan yang relepan serta  berkualitas tinggi, merata juga berkelanjutan dan bisa mengoptimalkan peran serta bagi seluruh pemangku kepentingan untuk mendukung transformasi, repormasi pengelolaan pendidikan dan kebudayaan, khususnya dalam bela negara. 


Hal ini, Jurnalis Bela Negara (JBN) menggelar ratusan peserta didik tingkat SMA - SMK se-Kabupaten Purwakarta menduduki kursi Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Purwakarta, yang berada di Jalan Pramuka Desa Mekargalih Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta, pada Jum'at 27 Oktober 2023.




Dan untuk kelanjutannya giat Jurnalis Bela Negara nanti akan gelar juga peserta didik di tingkat SMP se-Kabupaten Purwakarta, yang akan diselenggarakan, Senin 30 Oktobet 2023 bertempat di Gedung Yudistira Pemkab.  Purwakarta.


Atas inisiasi Jurnalis Bela Negara Purwakarta, ratusan para pelajar SMA - SMK se-Kabupaten Purwakarta tersebut mendapatkan edukasi wawasan kebangsaan (Wasbang) tentang membangun karakter generasi bangsa yang mandiri dan cinta tanah air.


Adapun pemateri dalam kegiatan Wasbang tersebut diantaranya, Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah IV Jawa Barat Budi Hermawan, Danramil 1904/Campaka Kodim 0619/Purwakarta Lettu Tri Rahmat Wijaya, Kasubbag Verifikasi, Akuntansi dan Pelaporan Setwan DPRD Purwakarta, Asmana, serta Kaur Bin Ops Sat Bimas Polres Purwakarta Iptu Muslikah.


Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Andi Ahmad Apandi melalui Danramil 1904/Campaka Lettu Inf Tri Rahmat Wijaya mengapresiasi Jurnalis Bela Negara (JBN) yang telah menginisiasi kegiatan edukasi wawasan kebangsaan kepada para pelajar SMA-SMK se-Kabupaten Purwakarta,




"Sejauh ini, baru JBN yang pertama menggelar kegiatan seperti ini. Biasanya kami yang mengundang wartawan untuk meliput kegiatan serupa. Namun kali ini, kami yang diundang kawan-kawan jurnalis," kata Tri.


Masih di lokasi yang sama Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Jawa Barat Budi Hermawan menyebutkan, ke depan pihaknya membuka luas kerja sama dengan JBN dalam memberikan edukasi terkait bela negara, wawasan kebangsaan, cinta tanah air, atau tema lainnya.


"Ini kegiatan positif harus didukung dan bisa dicontoh oleh yang lainnya," ujar Budi.


Terlebih, lanjut Budi, KCD tengah gencar mengusung program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). "Ini sejalan dengan maksud dan tujuan bela negara dan wawasan kebangsaan yang kerap disuarakan JBN," katanya.


Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Purwakarta Yus Djunaedi Rusli yang hadir sebagai keynote speaker menyampaikan materi tentang struktur organisasi Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta.


Yus juga menjelaskan perbedaan antara badan dan dinas. Di mana dinas merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan sementara badan adalah unsur penunjang pelaksana urusan pemerintahan.


Yang menarik, Yus sangat komunikatif dalam menyampaikan materinya. Sehingga, para peserta pun tampak antusias mendengarkan setiap materi yang disampaikan. "Kami mengapresiasi Jurnalis Bela Negara, harapannya, kegiatan serupa bisa terus terlaksana," ucap Yus.


Adapun pemateri lainnya adalah Danramil 1904/Campaka Lettu Tri Rahmat Wijaya, Kasubbag Verifikasi, Akuntansi dan Pelaporan Setwan DPRD Purwakarta, Asmana, serta perwakilan Polres Purwakarta Iptu Muslikah.


Sementara itu, usai kegiatan, Ketua pelaksana kegiatan Wasbang yang menjabat sebagai Kepala Divisi Pendidikan dan Pelatihan (Kadiv Diklat) JBN Purwakarta Adam Sumarto mengucapkan terima kasih kepada jajaran Setwan DPRD Purwakarta yang telah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan edukasi wawasan kebangsaan tersebut.


"Apresiasi yang sama kami sampaikan juga kepada jajaran Kodim 0619/Purwakarta, Polres Purwakarta, dan Kesbangpol Purwakarta. Secara khusus kami sampaikan terima kasih juga kepada KCD Wilayah IV Jabar yang turut mendukung kegiatan ini," tuturnya. (Mjn)