Header Ads Widget


Cuaca El-nino dan Teknologi Pasar Sentral Bantaeng Sepi Pengunjung


GlobalNewsindonesia.com-BANTAENG- Ketua Dewan Pimpinan Daerah(DPD) Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Bantaeng angkat Bicara terkait dampak cuaca El-nino 


Ketua APPSI Samsidar Dirga, mengeluhkan kondisi para pedagang pasar tradisonal di kompleks pasar baru Bantaeng yang mengalami penurunan nilai transaksi atau omset penjualan kurun waktu dua tahun terakhir ini. 


Menurutnya Kondisi ini merata di seluruh pasar tradisional di bantaeng, hal itu terjadi menurut disebabkan karena dua faktor, yang pertama terjadinya penurunan daya beli masyarakat petani di pedesaan akibat penghasilannya juga semakin menurun.


"Akibatnya hasil pertanian ikut menurun diakibatkan cuaca yg kian tidak menentu belakang ini".Ujar Dirga


Selain itu Faktor kedua adalah gempuran teknologi, semakin beragam bermunculan melalui aplikasi belanja online yang memanjakan konsumen dapat membeli segala kebutuhan tanpa harus meninggalkan rumah.


Budaya masyarakat yang sebelumnya jika ingin memenuhi kebutuhan harus ke pasar-pasar tradisional, kini mulai bergeser cukup memanfaatkan gawai atau Handphone (HP). 


Kondisi inilah membuat pasar-pasar tradisional kini kian sepi pengunjung, bahkan menurut pedagang pasar Sentral bantaeng ini, tidak sedikit pedagang di Pasar Tradisional di bantaeng, khususnya pedagang pakaian satu minggu tidak mendapatkan pembeli. 


_“Ada itu kadang satu minggu tidak mendapatkan satupun pembeli, hanya datang buka dan tutup jualannya, karena pagi sampai sore tidak ada pembelinya,”sebut Dirga, Rabu (11/10/2023). 


Jika kondisi tersebut terus menerus terjadi maka dapat dipastikan akan berguguran para pedagang pasar. Untuk itu Ia berharap agar para pedagang juga bisa beradaptasi dan berinovasi dengan memanfaatkan teknologi, selain menjual dengan cara menjajakan jualannya sebagaimana selama ini, juga sekaligus mencoba menjual melalui aplikasi online. 


_“Memang harus berubah dan berinovasi, jika tidak dipastikan akan gulung tikar,”ujarnya. 


Dirga juga berharap, kondisi ini bisa dipikirkan solusinya oleh pihak pemerintah melalui instansi terkait, melalui Aplikasi Jual on line resmi milik pemda Bantaeng dan pengembangan wawasan para pedagang pasar, karena biar bagaimanapun pedagang pasar juga termasuk pelaku usaha UMKM ,sangat besar jasanya terhadap perkembangan ekonomi daerah.(*)