Bawaslu Purwakarta Tarik Media Massa Dalam Giat Sosialisasi Pengawasan Partisipatif -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Bawaslu Purwakarta Tarik Media Massa Dalam Giat Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

9/12/2023

 


Globalnewsindonesia.com,- Purwakarta - Kali Pertama Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Purwakarta dalam kegiatannya mengundang dan menyapa rekan rekan Media yang ada di Kabupaten Purwakarta untuk bisa hadir diacara sosialisasi pengawasan partisipatif dengan tema "Peran Media Massa Dalam Pengawasan Partisipatif Disetiap Tahapan Pemilu 2024". Senin, 11/09/2023.


Acara dilaksanakan di Aula Hotel ciwareng in jln kopi no.5 ciwareng kec.babakancikao kabupaten Purwakarta dihadiri oleh perwakilan dari organisasi Media, 17 Panwaslu se-kabupaten Purwakarta.


Bawaslu Kabupaten purwakarta menyampaikan bahwa Peran serta Media sangat membantu dalam melaksanakan pengawasan partisipatif di setiap tahapan penyelenggaraan pemilu, karena Media massa merupakan sahabat dan rekan kita untuk pengawasan baik tahapan awal maupun nanti ketika dalam pemungutan suara. 


Diawali Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat (P2HM), Bawaslu Kabupaten Purwakarta, Wahyudin, yang sering dikenal Aweng menuturkan bahwa peran media massa merupakan mitra Bawaslu,


Dimana terkait pemberitaan untuk melaksanakan pengawasan di setiap tahapan Pemilu 2024. media massa itu adalah sahabat kita dalam melaksanakan pengawasan di setiap tahapan, mulai dari tahapan awal sampai nanti di tahapan penghitungan hasil suara.


Dalam hal ini peran insan Media yang nantinya akan mengedukasi masyarakat dalam membantu bawaslu untuk memberikan informasi dan apa yang menjadi tujuan kita dalam rangka menyamakan persepsi seperti Apa saja larangan larangan yang ditetapkan dalam tahapan pemilu serta untuk menangkal beredarnya hoaks, 


Dan ini pasti akan terus kita laksanakan dan sangat penting adanya pengawasan dari rekan rekan Media," tuturnya.


Ujang abidin Ketua Bawaslu periode 2019-2023 yang hadir dalam acara sosialisasi ini menyampaikan bahwa sekarang ini merupakan momentum kita bersilaturahmi, Media massa merupakan pilar demokrasi dalam segala aspek, tidak semua masyarakat dapat mengetahui tahapan pemilu saat ini,


Oleh karena itu rekan Media baik online maupun cetak merupakan sarana penyampai kepada masyarakat sebagai kekuatan berdemokrasi. 


Peran Media sangat di harapkan oleh bawaslu, karena tidak semua dapat tercover oleh bawaslu. Oleh karena itu perlu Media menginformasikan keluhan atau tanggapan dari warga terkait calon calon yang di indikasikan adanya pelanggaran," jelasnya.


Ditempat yang sama Budi hidayat sebagai devisi penindakan dan pelanggaran menyampaikan agar rekann media bisa berkolaborasi secara baik dan terarah, bawaslu mempunyai informasi awal dari rekan Media, oleh karena itu kita berterimakasih kepada insan Media yg telah berkolaborasi dengan bawaslu dan bisa sinergis di lapangan. 


Sementara itu, dalam pemaparan materi yang disampaikan Oyang Este Binos, peserta dibekali bagaimana caranya media massa mengawal proses Pemilu 2024 sebagaimana dalam aturan yang berlaku.


Selain itu pihaknya juga mengapresiasi Bawaslu Kabupaten Purwakarta, dimana pada periode awal dalam kegiatan pertamanya mengandeng teman-teman insan pers untuk sama-sama melakukan pengawasan pemilu 2024.


Bawaslu mempunyai harapan besar kepada rekan rekan Media massa untuk selalu bersinergi dan membantu Bawaslu dalam mensukseskan pagelaran pemilu 2024.


Adapun Ketua Bawaslu,Yusup berharap dengan adanya kerja sama dengan media mainstream dalam menyongsong Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 dapat membangun demokrasi dan bisa  membantu Bawaslu melawan berita bohong (hoaks) yang banyak di media sosial.


"Kami berharap seluruh pemberitaan dapat membangun demokrasi khususnya di Kabupaten Purwakarta. (Mjn)