Miris: Terkendala Akses Jalan Jenazah Di Tandu Pakai Sarung -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Miris: Terkendala Akses Jalan Jenazah Di Tandu Pakai Sarung

KIM(Kelompok Informasi Masyarakat)
3/18/2023

 


GlobalNewsindonesia.com-PINRANG, --Beredar video di media sosial memperlihatkan sekelompok masyarakat menandu jenazah menggunakan sarung yang dikaitkan ke sebuah bambu berukuran panjang sekitar 2 meter itu.


Dari informasi yang dihimpun, video itu diambil dari salah satu warga di Dusun Paleleng, Desa Kaseralau, Kecamatan Batulappa, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (18/3/2023) pagi tadi.


Tasman merupakan warga setempat, menjelaskan Almarhumah Caria diketahui merupakan warga Paleleng, Desa Kaseralau, Kecamatan Batulappa, Kabupaten Pinrang. Yang tinggal di Sebuah desa di Kabupaten Pinrang yang berbatasan dengan Kabupaten Enrekang .


Almarhum Meninggal di RS Umum Massenrempulu Enrekang. Almarhumah tersebut di bawa kerumahnya itu memakai mobil jenazah ambulans dari Enrekang, Sayangnya mobil tersebut tidak bisa sampai di rumah Almarhumah karena kondisi jalan yang tidak memungkinkan,


_" Jenazah tersebut harus di jemput di Desa Tallu Bamba (Jalikko) kabupaten Enrekang, lalu kemudian di tandu menuju rumah duka di kampung paleleng yang jaraknya kurang lebih 2 setengah kilo meter"ungkapnya Tasman


Ia menambahkan, jenezah itu ditandu dengan alasan akses kendaraan roda empat untuk masuk ke Paleleng melalui Desa Tallu Bamba tidak bisa tembus karena kondisinya cuman jembatan gantung yang hanya bisa dilalui roda dua saja.


_"Peristiwa semacam ini kerap kali terjadi, orang sakit baik orang meninggal itu tetap kami tandu untuk keluar maupun masuk di kampung karena kondisi jalan"kata Tasman


Harapan kami semoga pemerintah setempat, dan pemerintah pusat kiranya dapat memberikan perhatian khusus bagi warga pegunungan utamanya yang di Paleleng.


Karena kebetulan kami berada pada wilayah perbatasan, yaitu Pinrang dan Enrekang.


Status kependudukan kami memang warga Pinrang. Tapi karena akses dan jarak ke Enrekang sedikit lebih bagus ketimbang ke Pinrang kota yang jaraknya sangat jauh, akhirnya masyarakat lebih condong berobat ke RS massenrempulu Enrekang."TutupNya.