Piala Adipura Diarak Keliling Kota, Ketua DPRD Apresiasi Kinerja Bupati dan Wakil Bupati -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami


 

 




Piala Adipura Diarak Keliling Kota, Ketua DPRD Apresiasi Kinerja Bupati dan Wakil Bupati

3/06/2023

 


Globalnewsindonesia.com,- Bulukumba,-  Piala Adipura tiba di Kabupaten Bulukumba usai diterima oleh Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di Jakarta Selasa 28 Februari yang lalu.


Usai apel gabungan OPD di halaman Kantor Bupati Bulukumba, Andi Utta sapaan akrab Bupati menyerahkan Piala Adipura tersebut kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alfian Mallihungan untuk diarak keliling kota.


Dari kantor bupati, Piala Adipura dibawa ke halaman Masjid Islamic Center Dato Tiro (ICDT). Di masjid ini, Ketua DPRD H. Rijal dan unsur Forkopimda sudah menunggu bersama ratusan orang petugas kebersihan dan komunitas motor serta beberapa Ormas yang berpartisipasi untuk arak-arakan.




Ketua DPRD H. Rijal melepas arakan Piala Adipura yang dibawa oleh pasangan pemuda pemudi berbaju adat hitam di atas mobil Jeep terbuka untuk kemudian diarak keliling kota Bulukumba.


Rutenya dari Masjid ICDT menuju jalan AP Pettarani, lalu jalan Lanto Daeng Pasewang dan jalur dua jalan Sam Ratulangi. Kemudian peserta arak arakan berbelok ke jalan Kusuma Bangsa Caile, terus menuju jalan Jenderal Sudirman melewati Bundaran Pinisi, lalu berputar di Kelurahan Tanah Kongkong, Kelurahan Kasimpureng, Kelurahan Bentenge, Kelurahan Terang-terang dan finis di Pantai Merpati.


Ketua DPRD H. Rijal sangat mengapresiasi capaian penghargaan Piala Adipura yang diterima Kabupaten Bulukumba dibawa kepemimpinan Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf dan Wakil Bupati Andi Edy Manaf.


"Selaku pimpinan DPRD dan mewakili masyarakat Bulukumba sangat mengapresiasi oleh karena Piala Adipura dapat kembali diraih untuk tahun 2022. Dan kita harapkan tahun tahun selanjutnya Bulukumba tetap meraih Piala Adipura," ungkap politisi PPP ini, Senin 6 Maret 2023.


Dikatakan di tahun 2023 ini, diharapkan eksekutif dan legislatif lebih bersinergi dalam membangun Bulukumba, khususnya dalam melaksanakan program-program prioritas Bupati  dan Wakil Bupati Bulukumba untuk kepentingan masyarakat dengan berdasar pada asas pemerataan.


Wakil Bupati Andi Edy Manaf menyampaikan bahwa capaian itu menjadi puncak kebanggaan dari sosok Bupati Andi Utta, karena di awal pemerintahan ini, Bapak Bupati Bulukumba sangat konsen merubah suasana lingkungan agar lebih bersih.


Ini bisa dilihat ketika tim kebersihan dan tim pengendali banjir aktif turun membersihkan kanal-kanal dalam kota.


"Saya tidak pernah melihat seorang pemimpin mau mengorbankan aset pribadinya demi kepentingan Kabupaten Bulukumba," kata Edy Manaf yang mengenang masa masa dimana beberapa alat berat milik Bupati diturunkan untuk mengantisipasi terjadinya banjir.


Menurutnya, masyarakat Bulukumba patut berterima kasih kepada sosok Bupati yang senantiasa mendorong dan mengajak seluruh warga untuk menerapkan pola hidup bersih di lingkungan masing-masing.


Piala Adipura, kata Edy Manaf hanya menjadi stimulan bagaimana terbangun budaya bersih di masyarakat, termasuk dalam mengelola sampah yang dimulai dari setiap rumah tangga.


Sementara itu, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf terima kasih kepada seluruh masyarakat atas dukungan dan partisipasinya sehingga Piala Adipura bisa dibawa pulang ke Bulukumba yang diserahkan minggu lalu oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.


Keberhasilan ini, katanya merupakan hasil kerja keras, dan kerja bersama semua pihak dalam mewujudkan penataan lingkungan kota yang lebih bersih dan lebih sehat.


"Atas nama Pemerintah Kabupaten Bulukumba, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam pencapaian ini, terutama kepada petugas sampah, dan tim pengendali banjir yang tidak mengenal waktu bekerja siang dan malam," ungkapnya.


Ia juga mengucapkan apresiasi yang mendalam kepada seluruh stakeholder, terutama kepada DPRD dan Forkopimda atas dukungan dan kebersamaannya dalam rangka mewujudkan kota yang lebih tertata, dan lebih bersih, serta penataan wilayah kumuh.


Namun demikian, Andi Utta sapaan akrabnya meminta jangan besar kepala dengan raihan Piala Adipura tersebut.


"Kita masih harus bekerja lebih baik lagi dalam mengelola lingkungan kota Bulukumba dan secara umum seluruh wilayah Kabupaten Bulukumba agar lebih bersih, lebih sehat dan lebih tertata," kata Andi Utta yang mengaku secara pribadi belum puas dengan kondisi kebersihan kota Bulukumba 


"Saya mohon maaf mungkin standar kebersihan saya terlalu tinggi, sehingga saya merasa belum puas dan masih perlu ditingkatkan," pintanya.


Olehnya itu ia masih menekankan kepada camat dan seluruh lurah, tetap perkuat sosialisasi kepada masyarakat, turun memberikan edukasi akan pentingnya kebersihan dan mengelola sampah untuk kenyamanan warga Bulukumba sendiri.


"Kita masih harus massifkan pengelolaan sampah di setiap rumah, sehingga tidak semua sampah harus berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA)," terangnya.


Diketahui arak arakan Piala Adipura yang ke tujuh ini diikuti oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Bulukumba, para tenaga kebersihan, komunitas motor YNCI Bulukumba dan beberapa organisasi kemasyarakatan seperti Garda Bela Negara Nasional (GBNN) Bulukumba.


Berikut Tahun Terima Piala Adipura yang diraih Kabupaten Bulukumba 

1. Tahun 2012

2. Tahun 2013

3. Tahun 2015

4. Tahun 2016

5. Tahun 2017

6. Tahun 2018

7. Tahun 2022

(is)