Peringati Isra' Mi'raj, Warga Langsa Antusias Dengar Dakwah Haji Uma -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Peringati Isra' Mi'raj, Warga Langsa Antusias Dengar Dakwah Haji Uma

3/07/2023

 


Globalnewsindonesia.com,- LANGSA - Anggota DPD RI asal Aceh, H. Sudirman atau akrab dikenal Haji Uma menjadi penceramah pada acara dakwah Islamiah dalam rangka peringatan Isra' Mi'raj di Masjid Nurhidayah, Desa Alue Dua Bakaran Bate, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa.  Minggu (5/3/2023) malam.


Hadirnya anggota Komite lV yang juga pimpinan Panitia Urusan Rumah Tangga (PURT) DPD RI sebagai penceramah tersebut menjadi magnet bagi masyarakat di kabupaten setempat.


Setidaknya terlihat dari animo masyarakat yang hadir dilokasi acara dakwah yang tak kurang seribuan warga masyarakat memenuhi areal pekarangan Masjid Nurhidayah dan dipinggiran jalan.


Prosesi acara dakwah dimulai sekitar pukul 09.30 WIB yang dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan kata sambutan dari Kepala Desa Alue Dua Bakaran Bate serta penyampaian materi dakwah dan pembacaan doa yang sekaligus menutup rangkaian acara oleh Haji Uma.


Dari suasana dilokasi dakwah, warga yang hadir terkesan memang sudah menantikan kehadiran Haji Uma. Apalagi panitia pelaksana juga telah mensosialisasikannya jauh hari sebelum acara.


Sehingga masyarakat terlihat betah menunggu hingga selesainya acara dakwah jelang pukul 11.30 WIB, tidak terkecuali para anak-anak kecil dan ibu rumah tangga.


Haji Uma dalam penyampaian materi dakwahnya menekankan pentingnya melaksanakan sholat yang tidak saja sebagai kewajiban manusia kepada Allah SWT, namun juga sebagai instrumen pertahanan untuk membentengi diri dari segala kemungkaran.


Haji Uma juga menceritakan prosesi perjalanan Rasulullah menghadap Allah SWT untuk menerima perintah Shalat yang diperingati sebagai isra' mi'raj setiap tahunnya.


"Sebagai umat Nabi Muhammad SAW kita jauh lebih ringan terhadap perintah shalat jika dibandingkan dengan perintah terhadap kaum nabi-nabi sebelumnya" ujarnya


Esensi utama lain yang disampaikan Haji Uma kepada para jamaah yang berhadir agar kiranya meneladani sikap dan perilaku Rasulullah SAW dalam menjalani kehidupan baik dalam konteks hubungan dengan Allah SWT maupun hubungan sesama manusia, termasuk sikap teladan dalam membina keluarga.


Acara dakwah selesai sekitar pukul 11.30 WIB yang ditutup oleh Haji Uma sendiri dengan pembacaan doa. Setelah acaranya berakhirnya, para panitia serta warga berebut kesempatan untuk dapat berphoto bersama yang disambut dengan ramah dan canda oleh Haji Uma. (Rm)