Menajemen PT Huadi Group Dinilai Gagal, Proses Perekrutan Tenaga Kerja Berubah Alur. -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Menajemen PT Huadi Group Dinilai Gagal, Proses Perekrutan Tenaga Kerja Berubah Alur.

KIM(Kelompok Informasi Masyarakat)
2/11/2023


GlobalNewsindonesia.com-Bantaeng --Open Rekrutmen tenaga kerja Huadi industrial Part di kabupaten Bantaeng di nilai tak transparan selama ini.


Hal ini terungkap setelah Anggota DPRD komisi B Bidan Ekonomi dan Keuangan Kabupaten Bantaeng melalukan Rapat Dengar Pendapat RDP secara tertutup Jum'at, (10/2/23)


Alhasil melalui Konferensi pers Open rekrutmen di perusahaan pemurnian Nickel ini berubah alur dimana tahun sebelumnya dilakukan di kantor manejemen PT.Huadi Nickel Aloy kini beralih ke kantor Dinas ketenagakerjaan kabupaten Bantaeng.


Dijelaskan bahwa hasil Rapat Dengar Pendapat RDP disepakati bersama bahwa open rekrutmen kali ini melalui Perseroda bersama Disnaker Kabupaten Bantaeng serta menajemen PT Huadi Group 


Menurut, Anggota DPRD Wakil Komisi B H Muh.Yusuf, bahwa kali ini open rekrutmen calon tenaga kerja akan melalui Perseroda yang ditempatkan di kantor Dinas ketenagakerjaan kabupaten Bantaeng di mana proses akan dilakukan secara bertahap.


Selain untuk memudahkan para calon pelamar kerja untuk mengurus administrasi untuk mendapatkan kartu kuning, proses perekrutannya akan lebih mudah dan transparan.


_"Kami ingin proses perekrutan calon tenaga kerja di PT.Hengseng lebih terbuka dan transparan"ungkapnya


Hal yang sama juga dijelaskan oleh Anggota DPRD, H.Rahman Tompo, bahwa selama ini banyak aspirasi masyarakat yang meminta agar perekrutan tenaga kerja di Pemurnian Nikel harus Transparan.


_"Proses ini adalah untuk mengakomodir aspirasi masyarakat dan selama ini tidak merasa puas yang berujung pada aksi ujuk rasa"jelasnya


Sementara itu manajemen Perseroda, Ansar mengaku, akan mengawasi seluruh tahapan proses rekrutmen tenaga kerja yang di Buka oleh PT.Hengseng sehingga hasilnya nanti bisa dipertanggung jawabkan.


Untuk itu kami meminta proses kali ini mengedepankan profesionalitas dan transparansi dalam melakukan rekrutmen calon tenaga kerja.


Selain itu kata dia pihak Disnaker dapat melakukan berbagai langkah dan upaya dalam mempersiapkan calon tenaga kerja kedepannya.


_"Kita punya Balai latihan kerja BLK dan AKOM untuk peningkatan kompetensi dan skill sesuai kualifikasi yang dibutuhkan oleh pihak perusahaan nantinya"pungkasnya 


Kendati demikian langkah ini mendapatkan berbagai kritikan dari berbagai pihak salah satunya diungkapkan oleh Ketua Pemuda LIRA, Yusdanar Hakim yang menilai proses Rekrutmen calon tenaga kerja ini dinilai Janggal.


Dikatakannya bahwa sejatinya Perseroda tidak perlu terlibat terlalu jauh mengurusi proses perekrutan tenaga kerja, 


Perseroda pokus pada tupoksinya dalam pengelolaan kawasan industri, karna masih banyak warga yang terdampak belum mendapatkan relokasi sebagaimana tuntutan warga yang terdampak dari kawasan industri tersebut.


Selain itu kata, Yusdanar dari interval waktu yang begitu singkat patut kami menduga bahwa prosesnya jauh sebelum sudah matang dan apa yang disampaikan kepublik sudah terisi.

 

Dirinya juga meragukan momentum ini dijadikan oleh beberapa oknum sebagai sosialisasi politik untuk mendapatkan simpati masyarakat 


Kami patut menduga bahwa Ini cuma desain akal-akalan untuk membuka Open rekrutmen kepublik namun Data dan kebutuhan sudah terisi sebelumnya


_"Ibaratnya Lagu Lama di Aransemen Ulang supaya asik kedengaran nada berubah tapi liriknya tetap sama"sindir Yusdanar


Untuk itu dirinya menantang agar pihak perusahaan membentuk tim independen dalam mengawasi jalannya proses perekrutan calon tenaga kerja ini. 


_"Kami tantang Pihak perusahaan untuk membuat tim independen dalam proses perekrutan tersebut untuk meminimalisir terjadinya titip menitip dan proses percaloan"Tegasnya


Diketahui bahwa saat ini PT.Huadi Group melakukan Open rekrutmen karyawan secara bertahap yang akan di pekerjaan oleh PT.Hengseng untuk posisi Walder, crew kitchen, Operator produksi dan Staf Gudang. 


Untuk info lebih lanjut bisa diakses melalui website. huadi co.id/hengseng