Pelantikan DPD PKDP Purwakarta (Sejarah dan Perannya Bagi Pemerintah) -->

Iklan Semua Halaman

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

Pelantikan DPD PKDP Purwakarta (Sejarah dan Perannya Bagi Pemerintah)

2/05/2023


Globalnewsindonesia.com,- Purwakarta - Disela Giat Pelantikan Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) Purwakarta Firdaus (pinnkky) salah satu pengurus PKDP mengulas sedikit soal sejarah singkat dan latar belakangnya di depan Gedung Serbaguna UPI, jln veteran, Kelurahan Nagri Kaler Kecamatan Purwakarta, Sabtu 04 Pebruari 2023. 


Dimana warga Purwakarta asal Piaman yang mencakup asal Kabupaten Padang Pariaman, Kota Pariaman, dan Tiku (bagian Kab. Agam), diperkirakan jumlahnya dominan di Kabupaten Purwakarta.


Dan diantara warga Purwakarta asal minang lainnya. Warga Piaman umumnya memiliki profesi sebagai pedagang, sebagian kecil bekerja sebagai karyawan Pabrik, serta ada juga yang di birokrasi/TNI-Polri, yang domisilinya tersebar di beberapa kecamatan di Purwakarta yaitu Kecamatan Kota Purwakarta, Campaka, Jatiluhur, Plered, Bojong dan Wanayasa.


Hal ini dari keberagaman penduduk dengan budayanya masing-masing merupakan potensi bagi Purwakarta, jika dihimpun dan diberdayakan secara tepat dan terkoordinir. Utamanya dapat memberikan kontribusi di sector perekonomian terkait profesinya sebagai pedagang, dan potensi budaya yang dapat menjadi subjek dan objek kegiatan kepariwisataan bagi Kabupaten Purwakarta.



Dalam rangka menghimpun dan memberdayakan potensi yang ada, maka IKAMI Purwakarta dimulai pada periode 2005-2008 di bawah kepemimpinan Sidi Risa Kota Putra sebagai Ketua Umum, saat itu sedang menjabat sebagai Sekretrais Rumah Sakit Umum Daerah Bayu Asih mendirikan Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Keluarga Daerah Piaman (DPD PKDP) Purwakarta pada awal tahun 2008, dan terpilihlah sebagai Ketua yang pertama yaitu Azhar Aung, SH, notaris di Kabupaten Purwakarta. 


PKDP merupakan organisasi kedaerah ke-2 dalam paguyuban IKAMI Purwakarta, karena yang pertama dididirikan ialah Organisasi Kedaerah dari Kabupaten Pesisir Selatan yang waktu itu bernama IKPS pada tahun 2006, singkatan dari Ikatan Keluarga Pesisir Selatan, yang sekarang berubah nama menjadi DPD PKPS Purwakarta. 


Selain itu juga sudah ada IKB dari Kanagarian Balingka Kab. Agam, kemudian disusul berdirinya IKTD dari Kabupaten Tanah Datar. Semua organisasi Kedaerahan ini dikukuhkan keberadaannya dalam payung IKAMI dengan 2 (dua) Surat Keputusan Ketua Umum IKAMI yaitu SK pengesahan bergabungnya ke dalam paguyuban IKAMI dan SK pengukuhan Ketuanya sebagai anggota presidium/kerapatan IKAMI Purwakarta.


 Organisasi Kedaerah yang menyusul hadir yaitu dari Kota Solok, Kabupaten Solok dan Kabupaten Solok Selatan membentuk PKSB (Perkumpulan Keluarga Solok Bersatu).




IKAMI Purwakarta secara umum struktur organisasinya meliputi 3 (tiga) organ utama yaitu Organ Pengurus Eksekutif/Harian dan Organ Rayon, serta Organ Presidium/Kerapatan. Organ Pengurus Harian merupakan pengurus IKAMI di tingkat Kabupaten, sedangkan Organ Rayon pengurus di tingkat kecamatan/kelurahan/desa atau klaster tertentu. Organ Kerapatan merupakan organ yang mencakup organisasi Kedaerahan dan Organisasi Kekaryaan," tutur pinnkky


Selanjutnya, Organisasi Kedaerahan seperti DPD PKDP Purwakarta memiliki tugas dan fungsi sebagai organisasi yang menghubungkan kepentingan dan problematika dari masyarakat di ranah (Piaman) dengan rantau (Purwakarta). 


Dalam hal ini jika hal-hal yang menyangkut urusan/masalah bagi urang Piaman yang tidak bisa ditanggulangi oleh PKDP dapat diteruskan ke IKAMI untuk dimusyawarahkan dalam pertemuan kerapatan/presidium IKAMI Purwakarta. Jadi jelaslah keterkaitan atau hubungan antara DPD PKDP Purwakarta dengan IKAMI Purwakarta adalah seperti aua jo tabiang (Aur dengan Tebing), sanda-manyanda (saling memperkuat diri) dengan kerjasama yang sederajat dan bermatabat bagi kehormatan masyarakat Piaman di rantau dan berkontribusi bagai kemajuan Kabupaten Purwakarta," jelasnya.


Adapun Kontribusi Perantau bagi Kabupaten Purwakarta sudah menjadi hal yang biasa dari setiap komunitas perantau, ditanah rantau menyemarakan berbagai kegiatan pertemuan dengan pentas seni budaya asal daerahnya, terutama jenis tarik suara atau lagu-lagu daerah. Maraknya even/pergelaran ini merupakan salah satu potensi bagi kabupaten/kota sebagai tanah rantau.


PKDP Purwakarta dengan penampilan lagu-lagu minangnya pada acara pelantikan dan pengukuhan Ketua dan jajaran pengurusnya diharapkan juga akan menghadirkan hal yang konstruktif bagi warga PKDP dan bagi Kabupaten Purwakarta, baik dari sector budaya maupun gairah perekonomian. Dari sudut lain even ini menjadi perekat silaturahim yang makin kuat bagi PKDP, sehingga akan mampu membantu pemantapan stabilitas kemasyarakatan di Purwakarta, melalui peran serta PKDP sebagai mitra pemerintah Kabupaten.


Hadirnya Bupati Kabupaten Padang-Pariaman Suhatri Bur, S.E., M.M. dan juga hadirnya Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika yang akan didahului pertemuan antar Bupati sebelum acara PKDP, diharapkan akan memberi dampak positif bagi pengembangan program kemasyarakatan dan perekonomian bagi kedua kabupaten. 


Hubungan silaturahim yang baik antar pemerintah diyakini akan membawa perbaikan paradigma pemangku kepentingan, terutama bagi Kabupaten Padang-Pariaman, yang kondisinya belum seperti pembangunan di Kabupaten Purwakarta.


Keberadaan perantau anggota PKDP bagi Kabupaten Purwakarta dapat ditinjau dari potensi, sbb:

1. Perekonomian kerakyatan

Sebagian perantau merupakan dari perekonomian menengah ke bawah, di sector perdagangan. Pemerintah dapat menyertakan PKDP dalam pengembangan UMKM.


2. Bidang kesehatan

Kesehatan masyarakat yang terus harus ditingkatkan, melalui PKDP bisa dikoordinir agar semua perantau dapat menjadi peserta BPJS Kesehatan dan ketenagakerjaan.


3. Bidang kemananan

Pada kondisi-kondisi tertentu jika diperlukan, PKDP dapat menjadi stabilisator masyarakat terutama perantau asal Piaman.


4. Bidang Seni Budaya

Minangkabau memiliki budaya yang unik karena budaya matrilinialnya. Keunikan ini bisa menjadi potensi yang memperkaya keberagam budaya di Kabupaten Purwakarta. Dengan demikian pada even-even kabupaten PKDP dapat dilibatkan dalam parade budaya pada hari-hari peringatan resmi yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Purwakarta.


5. Berbagai peran lainnya dibadang Pendidikan, kepemudaan, dan lain sebagainnya. (Mjn)