Kemensos RI Akan Berikan Bansos Berupa Modal Usaha Untuk Bener Meriah -->

Iklan Semua Halaman

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke center 0823-7323-2423, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

Kemensos RI Akan Berikan Bansos Berupa Modal Usaha Untuk Bener Meriah

12/08/2022

 


Globalnewsindonesia.com,- Jakarta - Dalam upaya penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial serta potensi dan sumber kesejahteraan sosial, penanganan fakir miskin dan penurunan angka kemiskinan khususnya di Kabupaten Bener Meriah Pj. Bupati Drs. Haili Yoga, M.Si, melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos-RI) di Jakarta. Rabu (07-12-2022)


Pj. Bupati Bener Meriah didampingi Plt. Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh, dan Kesra Setdakab Bener Meriah Khairmansyah, S.I.P., M.Sc. Kepala Dinas PU Erwin, ST.,M.Si. Kaban Keuangan Marwan, SE., MM. dan anggota DPRK Bener Meriah Zulham diterima langsung oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial Beni Sujanto, A.Ks., M.Si.


Dari penjelasan-penjelasan yang disampaikan oleh Pj. Bupati Drs. Haili Yoga, M.Si dalam pertemuan di ruang kerja Sekretaris Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial, Beni Sujanto langsung merespon dengan akan menyalurkan bantuan modal usaha melalui program Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA) Kementerian Sosial RI. 


Dijelaskan Beni program PENA adalah jenis bantuan sosial dengan pola pemberdayaan ekonomi modal usaha. Calon penerima bantuan dengan usia produktif 20-45 tahun penerima PKH dan BPNT dilakukan asessment oleh pendamping PKH mengenai usaha mikro yang berpotensi dilaksanakan dan dikembangkan seperti modal usaha pertanian, budidaya jamur dan budidaya lebah madu serta usaha jasa.


Sekretaris Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial RI saat itu menyampaikan, akan mengusulkan bantuan modal usaha pada tahun 2023 yang akan datang, akan tetapi apa bila memungkinan, bantuan itu disalurkan pada Tahun 2022.


“Ini adalah tantangan bagi Kabupaten Bener Meriah untuk tahun ini, mengingat waktu yang sangat mepet sehingga kami berharap dengan waktu secepatnya untuk melakukan asessment oleh Pendamping PKH setempat, dan untuk tahun 2023 kita tunggu surat permohonannya” ujar Beni Sujanto, A.Ks., M.Si.


Menanggapi hal tersebut Pj. Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si sangat mengapresiasi dan berterima kasih serta akan mendampingi program ini sampai berhasil di Kabupaten Bener Meriah. Mengingat saat ini program Pemerintah Kabupaten Bener Meriah  dalam menanggulangi masalah sosial melalui bantuan pemberdayaan ekonomi bagi penerima bantuan usaha produktif.


“Saya sendiri yang akan mendampingi Tim Asessment dan dinas terkait sehingga dalam waktu kurang dari satu minggu data sudah rampung. Kita harus mendukung program ini karena ini yang kita harapkan selama ini, bukan lagi bantuan lepas begitu saja bagi usia produktif, tapi yang mereka butuhkan adalah bantuan merintis dan pengembangan usaha," tegas Drs. Haili Yoga, M.Si.


Pj. Bupati Drs. Haili Yoga, M.Si berharap, apa yang di bicarakan dengan Sekretaris Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial, Beni Sujanto pada kunjungan kerjanya ke Kemensos RI tersebut bisa terealisasi di Kabupaten Bener Meriah.(hadi)