Kapolres Bersama Dandim Hadiri Deklarasi Damai Pilkades Kabupaten Bulukumba -->

Iklan Semua Halaman

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke center 0823-7323-2423, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

Kapolres Bersama Dandim Hadiri Deklarasi Damai Pilkades Kabupaten Bulukumba

11/02/2022

 


Globalnewsindonesia .com, - Bulukumba - Kapolres Bulukumba AKBP Suryono Ridho Murtedjo S.IK.,M.Si, bersama Letkol Inf.Kaharuddin Djamaluddin S.Pd M.Tr (Han) Dandim 1411/Blk, menghadiri Acara Pembacaan Deklarasi Damai Siap Kalah dan Siap Menang pada pemilihan Kepala Desa serentak dalam wilayah kabupaten Bulukumba tahun 2022.


Kegiatan Pembacaan Deklarasi damai tersebut di gelar di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Bulukumba Jl.Kenari Kelurahan Loka Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba, Rabu (2/11/2022).


Deklarasi tersebut di hadiri langsung oleh Bupati Bulukumba H.Andi Muhtar Ali Yusuf bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Drs H.Ahmad Januaris, Ketua Pengadilan Agama Bulukumba H.Mihdar.S.Ag.MH dan seluruh calon Kepala Desa Se-Babupaten Bulukumba.




Kegiatan dimulai dengan pembacaan laporan penyelenggaraan tahapan  pemilihan Kepala Desa oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Drs H.Ahmad Januaris.


Dalam laporannya kepala PMD Bulukumba menyampaikan bahwa 31 Desa yang akan melaksanakan pemilihan dengan jumlah pendaftar sebanyak 135 Bakal calon (Balon) melalui Proses PPKD di masing-masing Desa. Setelah seleksi atau penelitian berkas administrasi, maka 130 orang Balon yang bersyarat administrasi.


Tahapan selanjutnya yakni tes tertulis dan tes wawancara bagi Desa yang lebih dari 5 peserta atau balon, sehingga ditetapkan 115 Calon kepala yang lolos mengikuti tahapan selanjutnya yakni Pemilihan Kepala Desa.


Kepala PMD Bulukumba menambahkan bahwa Ada 5 Desa yang melebihi 5 calon kepala Desa yakni Desa Benteng Malewang (7), Desa Bukit Tinggi (8), Desa Manjalling (7), Desa Kindang (9) Dan Desa Lembang (9). 30 Desa akan melaksanakan Pemilihan secara manual dan 1 Desa melalui e-voting, yaitu Desa Barombong.


Bupati Bulukumba dalam sambutannya mengatakan bahwa pesta demokrasi Pilkades yang dilaksanakan ini adalah merupakan sarana kedaulatan rakyat tingkat lokal yang bertujuan memilih Kepala Desa yang akan memimpin Desa tersebut satu periode mendatang. 


Olehnya itu, Pilkades ini adalah salah satu momentum yang sangat menentukan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di wilayah desa masing-masing.


"Para Calon Kepala Desa adalah putra dan putri terbaik dari desa tersebut, sehingga siapa pun yang terpilih nantinya, Insya Allah akan mampu mengemban amanah masyarakat desa." Kata Bupati Bulukumba.


Kapolres Bulukumba mengapresiasi kegiatan deklarasi damai Siap Kalah Siap menang yang di selenggarakan oleh Pihak Pemerintah Kabupaten Bulukumba dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, yang diikuti oleh 115 calon Kepala Desa yang akan berkompetisi pada 9 November 2022 mendatang.


Kapolres juga menambahkan bahwa Kegiatan ini sangat penting dan strategis sebagai upaya dalam menyukseskan terselenggaranya baik pada pelaksanaan maupun pasca pelaksanaan nantinya.


"Tentunya kami berharap dengan Deklarasi damai yang diucapkan oleh seluruh peserta calon kepala Desa disertai dengan penandatanganan Siap Kalah dan Siap menang, dapat menciptakan situasi yang kondusif selama dalam pelaksanaan Pilkades" harap AKBP Suryono Ridho Murtedjo.


"Kami telah memploting Personel Polres dan Polsek jajaran di bantu dari pihak Kodim 1411/Blk dan Satpol-PP untuk melaksanakan pengamanan Pilkades di 31 Desa pada 9 November nanti," ucap Kapolres Bulukumba.


Selain itu, Dandim 1411/Blk, Letkol Inf.Kaharuddin Dj.S.Pd., M.Tr (Han) menyampaikan telah melakukan koordinasi dengan Kapolres untuk bagaimana mengamankan dan mensukseskan pelaksanaan pemilihan kepala Desa di 31 Desa se-kabupaten Bulukumba.


"Kami bersama Kapolres beserta unsur yang terlibat akan menggelar rapat koordinasi di kodim pada hari Jum'at 4 November, yang akan di pimpin oleh Kapolres," ucap Dandim 1411/Blk.


"Kita akan menggelar Tactical Floor Game (TFG) yaitu simulasi pengamanan, sehingga harapan kami kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik seperti pada penyelenggaraan pengamanan Porprov y UNang telah sukses di selenggarakan." Pungkas Letkol Inf.Kaharuddin Dj.S.Pd., M.Tr (is/han)