Magister Kesehatan Masyarakat Unmuha Terlibat Aktif Dalam Kerjasama Internasional Erasmus -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Magister Kesehatan Masyarakat Unmuha Terlibat Aktif Dalam Kerjasama Internasional Erasmus

9/16/2022

 


Globalnewsindonesia.com,- Banda Aceh - Sebanyak 11 orang dosen dari Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh (FKM-MKM-Unmuha) terlibat aktif dalam kerjasama international dibawah naungan European Union Programme for Education, Training, Youth and Sport (Erasmus+). 


Empat kampus keperawatan dari Scandinavia inland Norway University of Applied Science, Ostfold University College, Karlstad University KAU Swedia dan University College South Denmark dan 4 kampus kesehatan lainnya di Aceh FKM-MKM Unmuha, Fakultas Keperawatan Universitas Syiah kuala, Akademi Keperawatan Ibnu Sina Sabang dan Jurusan Keperawatan Poltekes Kemenkes Aceh dan juga terlibat dalam kegiatan ini. Jum'at,(16/9/2022)


Project Capacity Building of Nursing Education in Indonesia (CABNEI) ini tidak hanya meningkatkan kapasitas keperawatan namun juga kesehatan masyarakat. Bentuk tindak lanjut kerjasama saat ini adalah international workshop dengan tema Learning, Teaching and Supervision in Clinical Nursing. Tim FKM-MKM Unmuha yang di pimpin oleh Prof. Asnawi Abdullah Ph.D ini telah menjalani 1.5 tahun dari 3 tahun project kerjasama. Dharina Baharuddin SKM, MKM memegang peranan penting sebagai Change agent atau agen perubahan dalam capacity building di FKM Unmuha. 


Penjaminan mutu kinerja dari tim FKM, dilaksanakan oleh dr. Riza Septiani, MPubHlthAdv yang berperan sebagai quality control. Adapun dosen lain yang terlibat yaitu: Dr. Radhiah Zakaria, Ssi, MSc, dr. Alma Aletta MPH, Fahrisal Akbar, SKM, MPH, dr. Teuku Ilzana, MSc, Agustina, SST, M.Kes, Tiara Mairani, SKM, MKKK Nopa Arlianti, SKM, MKM dan Tahara Dilla Santi, M.Biomed. Kegiatan ini dilaksanakan di Fakultas keperawatan Universitas Syiah Kuala sejak 12 - 16 September 2022. 


International workshop selama 5 hari ini dibuka oleh Dekan Fakultas Keperawatan USK Dr. Teuku Tahlil, S.Kp, MS, Local Project Manager Suwarni, SKM, MPH, dan Dekan sekaligus direktur FKM-MKM Unmuha Prof. Asnawi Abdullah Ph.D dalam sambutannya menghimbau agar para peserta dapat mengikuti kegiatan dengan aktif dan serius sehingga diperoleh peningkatan kapasitas dosen dalam melakukan supervisi pada praktik lapangan secara klinis dan non klinis yang dilakukan oleh mahasiswa. 


Menurut Prof. Asnawi Abdullah Ph.D, kerjasama ini telah mengharumkan nama FKM-MKM Unmuha secara khusus dan Unmuha secara umum yang beliau harapkan nantinya juga akan meningkatkan nama Unmuha dikancah internasional, Katanya,.

 

Workshop ini merupakan salah satu bagian dari serangkaian kegiatan Capacity Building in Nursing Education in Indonesia (CABNEI) Project yang dibiayai melalui Erasmus + Europe yang telah berjalan sejak Maret 2021 dan berakhir sampai dengan tahun 2023. 


Workshop selanjutnya akan dilaksanakan pada bulan oktober 2022 di Norwegia dan akan dihadiri oleh perwakilan 4 kampus di Aceh yang bekerjasama dalam projek ini. FKM-MKM Unmuha akan mengirim 7 perwakilannya pada workshop mendatang. 


Lanjutnya, Prof Asnawi Abdullah berharap akan ada kerjasama lanjutan yang akan dilakukan baik dalam bentuk international dengan negara Scandinavian dan kerjasama lokal dengan institusi kesehatan di Aceh. Ucapnya 


Dalam kegiatan Turut berhadir para klinikal instruktur dari beberapa rumah sakit dan puskesmas yang juga nantinya akan bekerjasama untuk meningkatkan derajat kesehatan di Aceh secara khusus dan Indonesia secara umum. Delapan institusi ini berkomitmen mendukung seluruh kegiatan dan bersungguh-sungguh untuk membangun kurikulum pembelajaran kesehatan yang lebih baik untuk Aceh lebih sehat.


Selanjutnya tim Scandinavia mengunjungi FKM-MKM Unmuha pada tanggal 16 September 2022 hari Jumat siang untuk melihat fasilitas yang telah ada sekaligus meninjau lokasi pembangunan remote class teaching bersumber dari kegiatan project ini yang diharapkan akan menciptakan teaching process digitally. Kunjungan ini disambut langsung oleh Rektor Unmuha Dr. Aslam Nur MA.(Rm)