Kakanwil Kemenag Aceh Pesan Pada Santri Fokus Belajar Ilmu Agama dan Pelajari Ilmu Umum -->

Iklan Semua Halaman

 


Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke redaksigni@gmail.com, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

 




Kakanwil Kemenag Aceh Pesan Pada Santri Fokus Belajar Ilmu Agama dan Pelajari Ilmu Umum

8/29/2022

 


Globalnewsindonesia.com,- Kutacane - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada apel tahunan santri tahun 2022 di Dayah Perbatasan Darul Amin, Minggu (28/08/2022). 


Berdasarkan rilis yang diterima media ini, dalam amanatnya Iqbal menyampaikan apresiasi dan kagum terhadap kegiatan dan pembelajaran di dayah perbatasan tersebut. 


"Kami bersyukur, dan bahagia, hari ini luar biasa, agenda tahunan berjalan tertib, tentu akan memberi efek ke para santri dan juga wali santri. Semoga limpahan rahmat dan hidayahNya akan selalu bagi penuntut ilmu agama di pesantren," kata Iqbal. 


“Apresiasi kami haturkan kepada pimpinan pesantren, pengurus Yayasan dan jajarannya, di mana kegiatan hari ini menjadi bukti bagi kita bersama bahwa pesantren ini memiliki SDM yang unggul dan hebat, serius dan sangat inovatif dalam menjalankan roda Pendidikan kegamaan berbasis pondok pesantren  untuk terwujudnya kemandirian dan prestasi santri," ucapnya. 


Ia menjelaskan, di dayah selain fokus belajar ilmu agama, juga mempelajari ilmu umum. Nantinya ilmu ini dapat diterapkan di tengah masyarakat, dan bermanfaat di dunia serta akhirat.


Selain itu, Kata Iqbal, dayah ini telah mampu menarik perhatian bukan saja santri dari Aceh, tapi juga dari Banten dan Sumatera. 


"Maka dengan berbagai prestasi dan kepercayaan dari wali santri atau masyarakat, juga akan mampu menarik minat santri hingga Papua, dan tidak menutup kemungkinan juga dari luar negeri," katanya.


Karenanya, Iqbal berpesan agar santri dalam belajar yang terdapat banyak keluhan dan tantangan, dibutuhkan kesabaran. 


"Gapailah cita-citamu nak, perjuangkan dan jangan pernah menyerah, jaga kualitas diri dan kompetensi, menjadi kebanggaan generasi," katanya. 


Ia menyebutkan lulusan dayah di masa depan juga akan menjadi pemimpin di tengah umat, nanti alumni akan bekerja dalam berbagai profesi, ada yang jadi pejabat, ASN, TNI, Polri, Menteri bahkan Presiden, jadi tinggalkan kesan terbaik, dan jangan pernah hilangkan identitas santri yang berakhlakul karimah. 


Rais 'Am dayah berterimakasih atas dukungan dan kehadiran Kakanwil dan jajaran di tempat yang dipimpinnya.


"Semoga Allah ridhai semua amal kita dan makin mempererat silaturrahmi,hari ini menjadi penyemangat bagi semua santri," kata Muchlisin


Ia merincikan di dayah terdapat 750 santri, 50 dewan guru, dan 30 pengurus.


Apel tahunan ini dihadiiri Kadis Pendidikan Dayah Aceh, Zahrol Fajri SAg MH, Ketua Komisi I DPRA, Rais 'Am Dayah Darul Amin Abuya Muchlisin Desky, Kakankemenag Aceh Tenggara H Syaiful SHI, Kabid PD Pontren, Kabid Penmad, jajaran Forkopimkab dan Muspika setempat.(Rm)