Slow Jogging Indonesia Perwakilan Aceh, Sukses Laksanakan Plogging Day -->

Iklan Semua Halaman

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Slow Jogging Indonesia Perwakilan Aceh, Sukses Laksanakan Plogging Day

6/05/2022

 


Globalnewsindonesia.com,- Banda Aceh - Slow Jogging Indonesia atau disingkat SJI Perwakilan Aceh, melaksanakan Plogging Day di seputaran Ulee Lheue Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh, Minggu (5/6). 


Dijelaskan Kumendan Slow Jogging Indonesia Perwakilan Aceh, Plogging Day yang dilaksanakan hari ini, merupakan bagian dari gerakan Plogging Day, serentak seluruh Indonesia yang diinisiasi oleh Slow Jogging Indonesia (SJI) Nasional dengan hastag # ploggingdayslowjoggingindonesia#slowjoggingindonesiaforearth 


"Acara Plogging Day di Aceh, diawali ngopi bareng atau minum kopi Aceh di salah satu kedai kopi di seputaran Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh, dilanjutkan jogging, menuju lokasi pelaksanaan Plogging Day yaitu Pelabuhan Wisata atau Taman Kuliner Kota Banda Aceh dan berakhir di lokasi Rekreasi Pantai Ulee Lheue Kota Banda Aceh" jelas Ikhwan yang biasa disapa Dae Wan


Plogging Day yang biasanya, dikampanyekan pada momen World Clean Up Day pada bulan September, namun tak ada salahnya dilakukan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni karena tidak ada waktu yang tepat memulai hal-hal kecil yang bermanfaat, apalagi untuk menjaga keindahan dan kebersihan lingkungan di sekitar kita. Bersih lingkunganku, sehat wargaku, Aamiin.   


Kesuksesan pelaksanaan Plogging Day oleh SJI Perwakilan Aceh hari ini, tak terlepas dari dukungan dari Keluarga Besar SJI baik yang berada di Banda Aceh dan Aceh Besar seperti Ichwanul Fitri Nasution, Hizqil Apandi, Mulyadi Muhammad, Endang Sudia Karta dan seluruh anggota WAG, Warga SJI Perwakilan Aceh, termasuk Kumendan SJI Sabang, Junizar, Kumendan SJI Lhokseumawe, Rizky Maulizar, Kumendan SJI Aceh Timur, Andi dan Kumendan SJI Aceh Tengah, Gusti Martarosa.


Apa itu Plogging Day? 

Istilah “Plogging” berasal dari frase Bahasa Inggris “jogging” dan “Plocka Upp”, istilah Swedia yang berarti “Picking Up” atau memungut, dalam hal ini memungut sampah. 


"Jadi plogging adalah tren olahraga yang mengkombinasikan kegiatan jogging sembari memungut sampah," terang Dae Wan.


Aktivitas plogging pertama kali dilakukan di negara Swedia, dan kemudian menyebar ke seluruh dunia.


Kenapa harus minum kopi atau kalau di Aceh adalah Kopi Aceh, sebelum jogging? 


Berbagai literatur menyebutkan, minum kopi sebelum olahraga misalnya jogging dan lainnya, memiliki manfaat seperti meningkatkan ketahanan tubuh, melancarkan sirkulasi darah, membakar lebih banyak kalori dan mengurangi nyeri otot. 


Meski demikian, sebaiknya minum kopi, satu jam sebelum berolahraga, karena ada tata cara yang mesti dipahami sebelum mengonsumsi kopi. 


Pasalnya, kafein akan diserap dengan cepat oleh tubuh sekitar 30–45 menit setelah dikonsumsi dan kadarnya akan mencapai puncak dalam jangka waktu satu jam. 


Slow Jogging sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh bagi yang melaksanakannya secara rutin dan sesuai aturan serta dapat dilakukan secara  perorangan maupun berkelompok, misalnya berdua atau seterusnya dan bisa sambil bercerita atau bercakap dengan sesama teman jogging. 


Kelebihan lainnya, sembari mempromosikan lokasi pariwisata di Aceh yang sangat indah, disamping kulinernya maupun produk ekonomi kreatif di Aceh." ujar Dae Wan. (Rm)