Bupati Bantaeng Hadiri Upacara Pembukaan Diklat Sarmil Komcad TA 2022 -->

Iklan Semua Halaman

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Bupati Bantaeng Hadiri Upacara Pembukaan Diklat Sarmil Komcad TA 2022

KIM(Kelompok Informasi Masyarakat) Kayu Loe
5/31/2022

 


GlobalNewsindoneisa.com- Bantaeng - Bupati Bantaeng, H. Ilham Azikin baru saja menghadiri Upacara Pembukaan Latihan Dasar Militer Komponen Cadangan Tahun Anggaran 2022 yang dilaksanakan di Lapangan Sapta Marga Rindam XIV /Hsn, dan dipimpin langsung oleh Pangdam XIV/ Hsn, Senin (30/5).


Komcad adalah pasukan cadangan militer atau sebuah organisasi militer yang disiapkan untuk dikerahkan membantu memperbesar kekuatan dan kemampuan Komponen Utama dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI, yang di dalamnya mencakup segenap Sumber Daya Manusia (SDM), Sumber Daya Buatan (SDB), Sumber Daya Alam Buatan (SDAB), serta sarana dan prasarana nasional.



Pada kesempatan itu, Pangdam XIV/ Hsn membacakan amanat Menteri Pertahanan RI yang mengatakan bahwa salah satu strategi pertahanan negara yang saat ini dilaksanakan oleh Indonesia dalam menghadapi perkembangan dinamika lingkungan strategis adalah strategi Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). 


Strategi ini melibatkan pengelolaan seluruh sumber daya nasional yang meliputi segenap sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya buatan serta sarana dan prasarana nasional di seluruh NKRI sebagai satu kesatuan pertahanan dalam menanggulangi ancaman. 


“Pembukaan Latsarmil Komponen Cadangan ini akan menjadi penanda dimulainya pelatihan serta pemberian materi tentang dasar-dasar kemiliteran. Kalian Harus bangga karena menjadi seorang peserta Komponen Cadangan tidaklah mudah. Kalian adalah orang-orang terpilih yang telah mengikuti seleksi. Untuk itu serap dan ikuti dengan sebaik-baiknya materi yang diberikan para pelatih”, ujarnya.


Tampak hadir pula Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, Bupati Luwu Utara, Hj. Indah Putri Indriani, serta para pejabat daerah lainnya.