Tgk Riskana Isi Tausiah Keutamaan Tarawih Bertepatan Dengan Nuzulul Quran Dan Santunan Anak Yatim -->

Iklan Semua Halaman

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia Jika ada yang mendapat intimidasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke center 0823-7323-2423, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

Tgk Riskana Isi Tausiah Keutamaan Tarawih Bertepatan Dengan Nuzulul Quran Dan Santunan Anak Yatim

4/20/2022

 


Globalnewsindonesia.com,- Bener Meriah – Warga masyarakat desa Blang Tampu Dusun Tiga Ketipis Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah adakan acara berbuka puasa dan santunan anak yatim serta tausiah dengan tema “Keutamaan sholat tarawih malam ke 17 jatuh pada malam ini apabila Anda memulai tarawih pada tanggal 2 April 2022.


Keutamaan sholat tarawih malam ke 17 kali ini juga bertepatan dengan peringatan Nuzulul Quran yang diperingati pada setiap tanggal 17 Ramadhan yang dilaksanakan di Dusun Tiga Ketipis kendati belum memiliki sarana rumah ibadah yang layak, namun antusiasme waerga masyarakatnya cukup antusias dalam melaksanakan sholat tarawih berjamaah. 




Dengan menggunakan tenda seadanya untuk menunaikan ibadah sholat tarawih yang berukuran 5 x 12 m2 namun tak menyurutkan semangat warganya untuk menunaikan ibadah kendati hujan tetap memakmurkan tempat ibadah yang apa adanya. 


Tgk Riskana menjelaskan maksud Nuzulul Quran adalah peristiwa peringatan turunnya Al Quran. Al Quran diturunkan di bulan Ramadhan paparnya.


“Para ulama memiliki sedikit ketidaksesuaian mengenai kapan pasti turunnya Al Quran di bulan Ramadhan. Namun yang pasti adalah di tanggal ganjil”. terangnya.


Penanggalan 17 Ramadhan sebagai Nuzulul Quran itu bukan benar-benar waktu turunnya Al Quran. Namun merupakan ijtihad ulama dengan menggabungkan nash dengan nash.


"Uraian 17 Ramadhan(sebagai turunnya Al Quran) itu adalah penggabungan antar ayat dengan ayat," ujar Tgk Riskana, seorang ulama asal Kampung Gegerung Simpang Teritit.


"Turun Al Quran di malam lailatul qadar. Quran utuh turun ke Baitul Izzah kemudian ke dunia, tapi tidak ditentukan hari apa itu," ujar Riskana dalam tausiahnya. Selasa (19/4/2022).


Meskipun demikian, malam 17 Ramadhan di Indonesia kerap dirayakan sebagai hari turunnya al Quran yaitu Nuzulul Quran.


Penanggalan 17 Ramadhan sebagai Nuzulul Quran itu bukan benar-benar waktu turunnya Al Quran. Namun merupakan ijtihad ulama dengan menggabungkan nash dengan nash.


"Uraian 17 Ramadhan(sebagai turunnya Al Quran) itu adalah penggabungan antar ayat dengan ayat," ujar Tgk Riskana.



"Turun Al Quran di malam lailatul qadar. Quran utuh turun ke Baitul Izzah kemudian ke dunia, tapi tidak ditentukan hari apa itu," 


Malam 17 Ramadhan di Indonesia kerap dirayakan sebagai hari turunnya al Quran yaitu Nuzulul Quran.

وفى الليلة السابعة عشر يعطى مثل ثواب الأنبياء

Di malam ketujuh belas, ia diberi pahala seperti pahala para nabi.


Keutamaan sholat tarawih malam ke 17 ini seperti tidak dapat dipercaya, karena mereka yang mendirikan sholat pada malam ini dijanjikan untuk diberikan pahala seperti pahala para nabi. Wallahu'alam bisshowab. 


Dan diakhir tausiah di isi dengan memberikan santunan kepada anak yatim dan di tutup dengan pembacaan doa oleh imam Kampung Blang Tampu. 


Diharapkan dengan terselenggaranya acara ini, dapat menambah keteguhan ukuah islamiah dan silaturrahmi antar sesama umat beragama dan hubungan bermasyarakat antar warga Dusun Tiga Ketipis dengan demikian diharapkan agar pembangunan sarana rumah ibadah dapat terlaksana agar di tahun mendatang sudah dapat di gunakan untuk sarana ibadah pungkas ketua panitia pembangunan Musholla Al Anhaar Wen Rawandi. [yh]