Kadis Pertanian Buka Sosialisasi Izin Usaha Budidaya Pertanian Komoditi Hortikultura -->

Iklan Semua Halaman

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia Jika ada yang mendapat intimitasi atau tindakan tidak menyenangkan lainnya dari anggota GNI, silahkan lapor ke center 0823-7323-2423, untuk pengiriman berita kegiatan kampus, sekolah , sosial kemasyarakatan, lainnya silahkan di nomor center kami

Kadis Pertanian Buka Sosialisasi Izin Usaha Budidaya Pertanian Komoditi Hortikultura

3/17/2022

 


Globalnewsindonesia.com,- Bantaeng ---Pemerintah Kabupaten Bantaeng melalui Dinas Pertanian terus bergerak melakukan akselerasi dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi melalui Bidang komoditi Hortikultura.


Hal ini diungkapkan oleh Kadis Pertanian, Ir.Budi Taufiq M.Si, saat membuka kegiatan Sosialisasi Izin Usaha Budidaya Pertanian Komoditi Hortikultura Kamis,(14/3/22) di Hotel BM Raya Lanto Bantaeng.


Dikatakannya kegiatan sosialisasi izin usaha ini untuk memberikan jaminan legalitas bagi pelaku usaha baik perorangan maupun secara kelompok untuk mendapatkan legalitas hukum bagi pelaku usaha untuk mendorong peningkatan ekonomi.


Dalam kesempatan itu dirinya juga menjelaskan bahwa capaian peningkatan pertumbuhan ekonomi dikabupaten Bantaeng yang telah dirilis oleh (BPS) dimana Bantaeng berada di urutan pertama dari 24 Kabupaten di Sulawesi Selatan, dengan angka 8,86 persen dimana penyumbatan PDRB tertinggi adalah sektor pertanian.




Kondisi pandemi Covid-19 selama kurang lebih 3 tahun yang melanda dimana sektor pertanian tetap produktif dan senantiasa bertahan dalam rangka menjamin pertumbuhan ekonomi kita di Kabupaten Bantaeng.


"Capaian ini tentunya ini menjadi kebanggaan bersamanya Sekaligus menjadi tantangan bagi kita Untuk tetap produktif dimasa pandemi Covid-19 ini tak lepas dari peranan Sub sektor hortikultura, buah-buahan dan tanaman hias yang berkontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bantaeng."Jelas Budi Taufiq.


Dikatakannya melalui kegiatan ini dirinya berharapkan bagi pelaku usaha lebih memastikan serta mengimplementasikan usaha-usaha disektor pertanian dengan aman dan baik dengan sistem yang terintegrasi dengan (Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Terintegrasi OSS)."ungkapnya.


Sementara itu kepala bidang Hortikultura, Suryani Samun, S.Sos, MP, mengungkapkan, bahwa sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada penyuluhan pertanian dan petani tentang penerapan ijin Usaha Budidaya Pertanian dalam Bidang komoditi Hortikultura.


Kegiatan ini selain sosialisasi untuk meningkatkan kemampuan wawasan penyuluhan dan petani dalam penerapan izin usaha pertanian juga sekaligus Rapat koordinasi kegiatan APBN Tahun 2022.


Dikatakannya, bahwa Dinas Pertanian Bidang Hortikultura tahun ini telah menjadikan pilot projects Kampung Holtikultura, Kampung buah, Kampung Biofarmaka dan florikutura, sayuran dan tanaman obat.


Dimana pengembangannya terintegrasi dari hulu ke hilir dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Bantaeng."pungkasnya.


Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Bidang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTPS) Fatmawati, ST. MM, Tim Teknis Dinas Pertanian, Kepala BPP dan PPL serta Sejumlah Kelompok Tani penerimaan manfaat. (Abm)