Desa Batu Raja Baru Belum Realisasikan Tanaman Pisang Senilai 52 Juta Tahun 2021 ? Ini Alasannya ! -->

Iklan Semua Halaman

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Desa Batu Raja Baru Belum Realisasikan Tanaman Pisang Senilai 52 Juta Tahun 2021 ? Ini Alasannya !

2/20/2022


Globalnewsindonesia.com,- Empat Lawang - Tahun 2021 beberapa desa di Kabupaten Empat Lawang menganggarkan dana desa puluhan juta untuk ketahanan pangan ( Pemberdayaan masyarakat ).


Salah satunya desa Batu Raja Baru Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang Sumatera Selatan yang rencananya melakukan penanaman pohon pisang.


Dari papan informasi diketahui desa Batu Raja Baru, Pemberdayaan tahun 2021 Pemerintah Desa melakukan penanaman pisang dan menganggarkan dana senilai Rp 52.108.000, berdasar papan informasi.



Photo : Contoh hasil tanam desa lain


Namun saat awak media pergi kelapangan ( Desa Batu Raja Baru-Red ) menurut informasi yang diterima dari salah satu BPD, perangkat desa maupun masyarakat, tanaman pisang tersebut belum terealisasi.


Dikonfirmasi, Kepala Desa Batu Raja Baru  menjelaskan." yo wan tapi maaf yo jangan dulu dirilis, begini rencana itu ingin kite kondisikan, tapi persoalan tanah aset desa tidak jelas dikarenakan ado lahan desa sudah dikuasai oknum warga.


Sehingga ysb mintak ganti rugi cocok tanam, alhasil agak ruwet sehingga sempat terpending dan berkat ado lahan pribadi, sekdes yang bersedia untuk di usahakan kelompok petani pisang inipun baru didapatkan satu minggu yang lalu.


Dan sudah kita lakukan pembersihan lahan dulu setelah itu kita mulai menata untuk petakan buat tanam pisang dan dalam waktu dekat ini akan di laksanakan sambil menunggu kesiapan lahan sudah siap benar dan untuk lebih jelasnya hayolah main kerumah mamang sambil ngobrol dan mamang jugo butuh  media tuk publikasi program kedepan ini guna untuk mengekat nama desa," tulis Mgs. Tarmizi melalui pesan WhatsApp.


Ditanya lebih lanjut, Pejabat Kepala Desa Batu Raja, Tarmizi meminta awak media untuk jangan dulu menerbitkan berita ini dan mengajak wartawan bertemu di rumahnya.


Sementara itu menurut Kepala Desa Terusan Lama yang dijumpai awak media dirumahnya Sabtu, (19/2/2022) memperlihatkan fhoto tanaman pisang di desanya sudah ditanam bulan November 2021 lalu.


Camat Tebing Tinggi Sopian, menjelaskan, lebih tepatnya karena tidak terserap uangnya dimasukan lagi ke kas desa dan di Tahun ini baru dilaksanakan."ucap Sopian saat dikonfirmasi pemberdayaan bibit pisang di desa Batu Raja Baru. (SI)