Pedagang Pasar Bisa Mendapatkan Pendampingan Ahli Koperasi dan Advokasi -->
GNI Menyediakan Portal Gratis untuk sekolah yang ingin transpormasi Pembelajaran Digital (daring), kunjungi www.ayobelajar.gni.or.id untuk Mendaftar, atau Phone : 082380832450 , E-mail : gni@gni.or.id

Pedagang Pasar Bisa Mendapatkan Pendampingan Ahli Koperasi dan Advokasi

11/08/2021, 11/08/2021

 


Globalnewsinsonesia.com,- Purwakarta,- Pedagang pasar baik tradisional maupun modern saat ini menghadapi multi dimensi persoalan di depan mata, mulai dari penjualan yang mengikuti tren ekonomi rakyat saat pandemi, bersaing dengan online, harga sewa atau jual bangunan kios pasar, daya beli konsumen dan lainya.


Dalam giat tersebut bertempat di Karawang, antara Presidium APPSI (Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia) bertemu dengan Ketua Umum DPP IKA IKOPIN, Kang Entis Sutisna.


Dari pertemuan itu banyak hal yang didiskusikan menyangkut kepentingan kedua belah pihak, khususnya soal ekonomi kerakyatan, pendampingan, Koperasi dan UKM.


Secara khsusus Presidum APPSI, Agus Yudantara didampingi Ketua APPSI Jawa Barat H. Nurdin menyampaikan,  bahwa ada kesamaan antara APPSI dengan IKA IKOPIN, salah satunya sama - sama organisasi nasional yang memiliki jaringan kepengurusan dan anggotanya yang tersebar di wilayah Indonesia baik provinsi maupun Kabupaten Kota, juga banyak bergerak di bidang usaha kecil baik secara langsung maupun tidak langsung.


Dan kita bisa Kolaborasikan kerjasama dalam banyak hal, karena anggota kami adalah para pedagang pasar di seluruh Indonesia yang banyak membutuhkan pendampingan, advokasi dan pembinaan Koperasi di dalamnya. Kata Ketua APPSI Jawa Barat, H. Nurdin.


Lebih lanjut Kang Entis Sutisna menyambut baik pertemuan ini sebagai bentuk menyamakan persepsi dan kemungkinan bisa dilanjutkan MOU juga kerjasama teknis dalam upaya pendampingan dan advokasi bagi para pedagang pasar di seluruh Indonesia.


Kami siap bekerjasama dengan APPSI, kata kang Entis yang baru saja terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Institut Koperasi Indonesia (IKOPIN). 


Lanjutnya, kamipun memiliki banyak ahli Koperasi, Pelatihan, Lembaga Advokasi untuk masyarakat khususnya yang bergerak di bidang UKM, Perusahaan, Jaringan pembiayaan, Teknologi online system untuk pedagang serta yang lainya, " Jelas kang Entis.


Hadir dalam acara dikesempatan itu,  Ketua DPW APPSI Provinsi Banten H. Yayan Sofyan yang juga anggota Presidium APPSI, dan kami mendukung kerjasama antara APPSI dengan IKA IKOPIN untuk berkolaborasi dan ditindaklanjuti.


Dan selanjutnya, rencana kerjasama ini akan ditindaklanjuti oleh kedua belah pihak sebagai bentuk untuk membantu pedagang pasar juga memberdayakan alumni IKOPIN, 


Hal ini, merupakan rencana sinergi yang bagus, kata kang Entis menutup pembicaraan dengan awak media." Tuturnya. (Mjn)

TerPopuler