Membanggakan, Wakil Sulsel Juarai Pemilihan Duta Pariwisata tingkat Nasional 2021 -->
GNI Menyediakan Portal Gratis untuk sekolah yang ingin transpormasi Pembelajaran Digital (daring), kunjungi www.ayobelajar.gni.or.id untuk Mendaftar, atau Phone : 082380832450 , E-mail : gni@gni.or.id

Membanggakan, Wakil Sulsel Juarai Pemilihan Duta Pariwisata tingkat Nasional 2021

11/14/2021, 11/14/2021


GlobalNewsindonesia.com- Denpasar. --Berita gembira datang dari Pulau Dewata, tepatnya Kota Denpasar, Provinsi Bali, dimana digelar Pemilihan Duta Pariwisata Indonesia tahun 2021. Dua perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menjuarai ajang bergengsi tingkat nasional itu.


Diketahui ajang tersebut dilaksanakan sejak tanggal 9 hingga 14 November 2021 oleh Yayasan Abhyya Parama Mavendra. Sebanyak 34 provinsi se-Indonesia mengutus perwakilannya, tak lain pemegang gelar Duta Wisata tingkat provinsi tahun 2020.


Sementara Grand Final dilangsungkan di Balai Budaya Giri Nata Mandala. Tepatnya Sabtu, 13 November 2021.


Kedua delegasi Sulsel mampu melaju ke babak 6 besar hingga Andi Suci Nurul Aisyah berhasil menempati podium utama sebagai Duta Pariwisata Nasional 2021 untuk puteri. Sedangkan Imran Munir terpilih sebagai Runner-up II Duta Pariwisata Nasional 2021 putera.


_"Andi Suci Nurul Aisyah Juara I sebagai Duta Pariwisata Nasional tahun 2021 dan Juara III (Runner-up II) diraih Iman Munir, juga dari Sulawesi Selatan. Alhamdulillah dua putera/puteri kita mengharumkan Sulawesi Selatan, ini sangat membanggakan kita semua masyarakat dan pemerintah Sulawesi Selatan," ujar Muhammad Jufri, Sabtu malam (13/11/21) melalui sambungan telepon._


Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Provinsi Sulsel itu menjelaskan, Suci dan Imran mampu membawa perubahan terhadap Sulsel. Untuk pertama kalinya perwakilan Sulsel mencapai puncak dengan prestasi gemilang tingkat nasional.


Jufri berdalih, ragam persiapan menyertai keduanya mulai dari ajang Pemilihan Duta Wisata Sulsel tahun 2020. Mengantarkan dua putera/puteri itu berjaya dan menjalankan tanggung jawabnya sebagai duta selama setahun.


Bergabung dalam kepengurusan DPD (Dewan Pengurus Daerah) ADWINDO (Asosiasi Duta Wisata Indonesia) Sulsel. Lanjut memberikan pendampingan kepada para finalis Duta Wisata Sulsel tahun 2021.


Ditambah pelibatan Suci dan Imran oleh Disbudpar Sulsel dalam berbagai event. Bagi Jufri, bekal yang matang telah menempa keduanya dan pantas berada di Bali malam ini.


_"Tentu dengan perjalanan panjang, anak-anak kita mampu bersaing dan menempatkan posisi sejajar dengan provinsi lainnya di Indonesia. Bahkan ya, Alhamdulillah, kita patut bersyukur, berbangga, kita pegang Juara I dan Juara III Duta Pariwisata Indonesia tahun ini, Saya haturkan selamat," tambahnya._


Melalui saluran telepon itu pula, Jufri menegaskan akan terus berupaya untuk bisa membawa ajang nasional tersebut ke Sulsel. Harapannya terlaksana minimal tahun 2023 mendatang.


Gelaran tahun 2022 telah terjadwal Kalimantan Timur sebagai tuan rumah. Adapun target Sulsel tuan rumah sudah diwacanakan olehnya sejak hari pertama dirinya menempati Disbudpar Sulsel pasca menjabat Kadis Pendidikan Provinsi Sulsel.


_"Kenapa tidak event nasional mendatang kita perjuangkan untuk bisa kita tempatkan di Sulawesi Selatan. Mohon dukungan dan partisipasi seluruh pihak," sebut Jufri dalam sambutannya di Malam Grand Final Pemilihan Duta Wisata Sulsel 2021 (bit.ly/3j5IbPx) pada Sabtu, 16 Oktober lalu._


Sejarah juga telah mencatat, untuk pertama kalinya utusan Sulsel didampingi langsung Kadisbudpar Sulsel bersama dengan beberapa pejabat lainnya. Jufri yang sedianya menyambut peserta Jelajah Pesona Sulawesi 2021 (JPS 2021) di Kabupaten Toraja, malah terbang khusus ke Bali.


_"Ini untuk memberi semangat, memotivasi anak-anak kita, yang bisa kita lakukan tentu mendukungnya dengan semua potensi kita. Saya hadir malam ini di Bali tidak dengan tanpa hasil, walaupun menang dan kalah itu sudah lazim dalam setiap kompetisi," tuturnya._


Dia berharap, keberadaan utusan Duta Wisata Sulsel di kancah nasional membantu pengembangan kepariwisataan Indonesia, khususnya Sulsel. Duta Wisata dan Duta Pariwisata semestinya berada di garda terdepan dalam mempromosikan pariwisata.


Sasarannya bukan hanya milenial, tapi semua kalangan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Pemanfaatan teknologi sebagai ruang promosi mesti dioptimalkan, terlebih di era industri 4.0 yang serba dekat dengan penggunaan ponsel pintar sebagai media sumber informasi.


Peran aktif duta mengembangkan dan memajukan pariwisata kata Jufri, tidak hanya sebatas promosi. Harusnya lebih dalam lagi menyelami dunia yang sarat akan kata indah dan cantik itu dengan membangun kesadaran berwisata kepada masyarakat.


Mendorong terciptanya ekosistem sadar wisata pada semua unsur di dalam sebuah wilayah atau daerah. Pemerintah dengan kebijakan dan perannya menyiapkan aksesibilitas dan amenitas, unsur lainnya dari tourism pentahelix termasuk duta menunjang untuk eksis dan berkesinambungannya atraksi berupa event-event wisata.


Senada Jufri, Ernie Irawati Zainal Abidin selaku Kepala Seksi Sarana dan Pertunjukan yang juga dihubungi awak media menyampaikan selamat kepada delegasi Sulsel yang meraih Duta Pariwisata Indonesia tingkat nasional tahun 2021.


_"Terima kasih buat keduanya telah membawa nama harum Provinsi Sulsel di tingkat nasional," ucap Ernie._


Dan berharap para duta dapat menjadi inisiator bagi seluruh masyarakat khususnya generasi muda. Dikatakan bahwa generasi punya punya peluang besar untuk mengembangkan dunia kepariwisataan dengan mengenalkan destinasi yang ada kepada publik untuk bisa merangsang wisatawan berkunjung. (*)



TerPopuler